Sensasi Nikmati Menu Vietnam dan Thailand dengan Suasana Candi Angkor Wat

ADVERTISEMENT

Street Food 101

Sensasi Nikmati Menu Vietnam dan Thailand dengan Suasana Candi Angkor Wat

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Sabtu, 12 Nov 2022 18:00 WIB
Sensasi Nikmati Menu Vietnam dan Thailand dengan Suasana Candi Angkor Wat
Foto: Andi Annisa DR/detikfood
Malang -

Di Malang, ada restoran yang menyajikan makanan Vietnam hingga Thailand modern. Suasana bersantapnya makin istimewa karena serasa di Candi Angkor Wat! Begini keseruannya.

Hotel Tugu Malang memiliki beberapa restoran, termasuk SaigonSan Restaurant yang hadir dengan konsep unik dan penuh sejarah. Restoran yang berdiri sejak 2018 ini terinspirasi dari pesona negara-negara Indo-China.

Kepada detikfood (2/10), Budi Sesario sebagai Media Relation Hotel Tugu Malang mengatakan, "Konsep restoran ini terinspirasi dari pesona di negara-negara Indo-China, seperti Thailand dengan pasar malamnya, dan Kamboja dengan Candi Angkor Wat-nya."

Sensasi Nikmati Menu Vietnam dan Thailand dengan Suasana Candi Angkor WatSuasana bersantap di SaigonSan Restaurant, serasa di Candi Angkor Wat. Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Inspirasi itu dituangkan ke dalam menu dan interior di restoran. "Jadi kalau ke SaigonSan Restaurant ini, tamu-tamu tidak hanya bisa makan, tapi juga bisa menikmati benda-benda seni yang ada di sini," lanjut pria dengan sapaan akrab Rio ini.

Menu yang disajikan mayoritas khas Vietnam dan Thailand. Menu ini dijual porsi satuan (ala carte) dengan kisaran harga Rp 38.000 sampai Rp 100.000.

Lokasi SaigonSan Restaurant memang ada di dalam area hotel, namun tamu umum juga bisa bersantap di sini. Restoran buka Selasa sampai Minggu, pukul 12.00 sampai 22.00 WIB.

detikfood berkesempatan mencicipi menu-menu andalan SaigonSan Restaurant. Bersantap di ruangan utama, kami serasa sedang di pelataran Candi Angkor Wat!

Candi kenegaraan di Kamboja itu dihadirkan replikanya di restoran. Suasananya begitu megah dengan nuansa lampu-lampu merah di beberapa sudutnya.

Dari deretan menu pembuka, ada Goi Cuon (Rp 48.000) yang layak dicoba. Menu lumpia khas Vietnam ini diberi isian bihun, udang, dan sayuran renyah seperti wortel dan mentimun.

Cita rasanya gurih segar, cocok untuk menyiapkan mulut sebelum menikmati hidangan utama. Lumpia Vietnam ini juga diberi pelengkap saus selai kacang dan hoisin yang gurih creamy.

Sensasi Nikmati Menu Vietnam dan Thailand dengan Suasana Candi Angkor WatBanh Xeo dengan isian daging ayam, udang, dan tauge. Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Masih dari Vietnam, ada Banh Xeo (Rp 70.000) yang pasti disukai pencinta telur dadar. Di dalam lipatan telur dadar diberi isian daging ayam, udang, dan tauge. Menu ini dilengkapi kecap ikan yang memberi aksen gurih segar karena ditambahkan irisan daun ketumbar.

SaigonSan Restaurant juga menghadirkan ragam menu utama yang nikmat. Salah satunya Cha Ca La Vong, olahan ikan kakap putih yang dipanggang dengan bumbu kunyit dan diberi sentuhan rempah Vietnam seperti daun dill.

"Banyak orang yang suka sih karena memang rasanya unik ya kalau untuk makanan Vietnam, menurut saya yang paling unik ya itu," kata Mia, pegawai SaigonSan Restaurant.

Ia juga merekomendasikan sop buntut ala Vietnam. Namanya Bo Kho Ha'Noi yang tak kalah memuaskan selera karena potongan buntutnya super empuk juicy. Tampilannya cantik karena diberi irisan tomat dan daun ketumbar.

Sensasi Nikmati Menu Vietnam dan Thailand dengan Suasana Candi Angkor WatBo Kho Ha'Noi, sop buntut ala Vietnam yang empuk juicy. Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Bagi mereka yang vegetarian, di restoran ini juga tersedia beberapa pilihan menu. Misalnya Dau Hu Luot Van Sa Ot (Rp 58.000) yang merupakan tahu goreng dengan remahan sereh dan cabe yang gurih pedas, serta aromatik!

Menyebut kuliner Thailand tentu tak lengkap tanpa kari dan tom yum. SaigonSan Restaurant punya Thai Green Curry Chicken yang unik karena disajikan dalam batok kelapa.

Dalam batok tersebut masih ada daging buah kelapa yang bisa dikerok. "Dengan isian ayam, belimbing wuluh, dan pokak," jelas Mia. Tercecap rasa gurih creamy yang khas dari kari ayam Thailand ini.

Sensasi Nikmati Menu Vietnam dan Thailand dengan Suasana Candi Angkor WatThai Green Curry Chicken berisi ayam disajikan di dalam batok kelapa. Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Oh ya, bagi yang tak bisa makan tanpa nasi, tidak perlu khawatir sebab SaigonSan Restaurant punya pilihan nasi bunga telang dan nasi pandan. Menu terfavoritnya, nasi bunga telang (Rp 24.000).

Nasi ini berwarna ungu kebiruan dengan rasa gurih karena dimasak bersama kaldu ayam. Nasi bunga telang ataupun pandan bisa 'dijodohkan' dengan ragam lauk di sini.

Puas makan yang gurih, jangan lewatkan menu dessert di SaigonSan Restaurant. Menu terunik, Torch Ginger Flower Sorbet (Rp 48.000) alias sorbet bunga kecombrang.

Warnanya pink dengan aksen kecombrang yang cukup kuat. Meski begitu, rasanya manis, segar, dan unik.

Sensasi Nikmati Menu Vietnam dan Thailand dengan Suasana Candi Angkor WatSorbet bunga kecombrang yang unik ada di SaigonSan Restaurant. Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Menu lain berupa mango sticky rice (Rp 48.000) dan Kluay Kaek (Rp 48.000). Menu terakhir ini merupakan pisang goreng renyah khas Thailand dengan remahan kelapa dan pelengkap sorbet kelapa yang manis, gurih, dan menyegarkan!

Diakui Rio, SaigonSan Restaurant punya banyak penggemar, bahkan tak hanya dari Malang. "Nggak cuma dari Malang, tapi tamu-tamu kalau pas weekend, kebanyakan dari luar Malang juga ada. Surabaya, Lamongan, dari Jakarta juga banyak. Bule-bule pun juga banyak (berkunjung ke sini)," pungkas Rio.



Simak Video "Jelajahi Pusat Kuliner dan Jajanan di Kalibata"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT