Seru! Belajar Bikin Peyek Raksasa dan Cicip Nasi Rijsttafel yang Ikonik di Malang

ADVERTISEMENT

Street Food 101

Seru! Belajar Bikin Peyek Raksasa dan Cicip Nasi Rijsttafel yang Ikonik di Malang

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Sabtu, 12 Nov 2022 11:00 WIB
Seru! Belajar Bikin Peyek Raksasa dan Cicip Nasi Rijsttafel yang Ikonik di Malang
Foto: Andi Annisa DR/detikfood
Malang -

Mengunjungi Hotel Tugu Malang, ada aktivitas cooking class seru yang bisa diikuti. Salah satu agendanya, bikin peyek raksasa yang merupakan pelengkap hidangan tradisional di Melati Restaurant.

Hotel Tugu Malang adalah hotel legendaris di kota Malang yang berdiri sejak 1990. Hotel ini lekat dengan sentuhan seni dan budaya dimana di dalamnya terdapat banyak koleksi benda seni yang ceritanya menarik disimak.

Benda-benda seni tersebut dikumpulkan sang pemilik hotel, Anhar Setjadibrata. Tak hanya dari Indonesia, koleksi benda seninya beragam dari mancanegara.

Menginap di Hotel Tugu Malang, tamu juga bisa mengikuti cooking class (kelas memasak) yang diadakan di pinggir kolam renang. Siti, pegawai Melati Restaurant di Hotel Tugu Malang mengungkap jadwal cooking class selalu tersedia, mengikuti permintaan tamu.

Seru! Belajar Bikin Peyek Raksasa dan Cicip Nasi Rijsttafel yang Ikonik di MalangMembuat peyek raksasa, salah satu agenda cooking class seru di Hotel Tugu Malang. Foto: Andi Annisa DR/detikfood

"Cooking class pasti ada schedule, sesuai request dari tamu. Bisa bikin kue, peyek, atau nasi goreng," katanya kepada detikfood (3/10). Agenda ini biasanya juga termasuk aktivitas belanja bahan ke pasar sambil naik becak, dan lain sebagainya.

Tim detikfood (3/10) berkesempatan mengikuti cooking class yang dipandu Pak Karno selaku cook di Hotel Tugu Malang. Kami membuat peyek raksasa yang merupakan menu unik dari restoran hotel ini.

Disebut raksasa lantaran ukuran peyeknya benar-benar super besar, bahkan bisa menutupi wajah seseorang. Peyek ini bisa dijadikan pelengkap menu nasi pecel hingga nasi rijsttafel di restoran.

Seru! Belajar Bikin Peyek Raksasa dan Cicip Nasi Rijsttafel yang Ikonik di MalangAdonan peyek yang siap digoreng. Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Bahan membuat peyek kacang mudah didapat. "Bahan-bahan kasar yang harus dipersiapkan adalah bawang putih 2 ons, ketumbar 1 sendok setengah, kemiri 1 ons setengah, daun jeruk purut 20 gram, kencur 15 gram, telur 6 butir, tepung beras setengah kilogram, tepung kanji setengah kilogram, garam 1.5 sendok teh, dan tepung Knorr 1 sendok teh," ujar Pak Karno.

Semua bahan itu dihaluskan hingga menjadi adonan, lalu ditambahkan kacang tanah. Adonan peyekpun siap digoreng di wajan besar dengan panas api tinggi.

Ketika menggoreng peyek, butuh keterampilan menaruh adonannya di sisi wajan dengan ketebalan yang pas. Tak terlalu tebal ataupun tipis.

"Kalau warna (peyek) sudah menguning, peyek diangkat. Kita serok," kata Pak Karno. Ia mengatakan suhu api yang konsisten untuk menggoreng peyek juga diperlukan agar hasilnya memuaskan.

Seru! Belajar Bikin Peyek Raksasa dan Cicip Nasi Rijsttafel yang Ikonik di MalangPak Karno saat mencontohkan cara membuat peyek raksasa. Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Resep peyek raksasa ini ditujukan untuk 15 lembar jika ukurannya besar. Kalau mau buat yang kecil-kecil, dari resep tersebut bisa jadi 35 lembar peyek kacang.

Menyoal harga, cooking class di Hotel Tugu Malang dibanderol Rp 1.100.000. Pengalaman masak yang menyenangkan ini bisa jadi agenda pilihan bersama pasangan atau keluarga.

Peyek raksasa jadi pelengkap hidangan nasi rijsttafel hingga nasi pecel Blitar. Baca halaman selanjutnya.



Simak Video "Jelajahi Pusat Kuliner dan Jajanan di Kalibata"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT