Kisah Unik Kedai Kopi di Cirebon, di Belakang Rumah Tapi Laris Manis

ADVERTISEMENT

Kisah Unik Kedai Kopi di Cirebon, di Belakang Rumah Tapi Laris Manis

Ony Syahroni - detikFood
Senin, 24 Okt 2022 15:00 WIB
Kedai kopi hidden gem di Cirebon.
Foto: Ony Syahroni/detikJabar
Cirebon -

Kedai kopi di Cirebon ini sengaja dibuka pemiliknya di halaman rumah pribadi. Lokasinya memang tersembunyi, tapi siapa sangka usahanya laris manis hingga beromzet belasan juta rupiah per bulan!

Banyak orang biasanya memilih lokasi amat strategis saat membuka usaha kulinernya. Hal ini tak lain demi menjaring pembeli, namun rupanya tak semua orang setuju dengan konsep ini.

Di Cirebon, Jawa Barat, kedai kopi Mburi Umah malah kebalikannya. Sang pemilik, Sampriatna atau akrab disapa Sam, sengaja buka kedai kopi di halaman rumahnya yang jauh dari hiruk pikuk.

Lokasinya ada di kawasan Tukmudal, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon. Nama Mburi Umah disematkan karena berarti "Di Belakang Rumah" dalam bahasa Jawa.

Baca Juga: Nongkrong Sambil Ngopi Tengah Sawah di Warung Kopi Manis

Kedai kopi tersebut menyediakan berbagai macam minuman. Mulai dari minuman kopi, teh dan lain-lain. Sementara untuk makanan atau camilannya, ada menu ayam, kentang, cireng dan beberapa menu lainnya.

Jika konsumen datang langsung, kedai kopi milik Sam sebenarnya tempat yang cukup cozy untuk bersantai. Khususnya saat sore hari. Di sekeliling kedai terdapat banyak koleksi tanaman hias milik Sam yang membuat suasana menjadi lebih nyaman.

Harganya pun terbilang murah. Untuk secangkir kopi dingin atau hangat, pengunjung hanya perlu membayar Rp 15 ribu. Selain itu ada banyak jenis minuman dan makanan di tempat ini.

Saat berbincang dengan detikJabar, Sampriatna menuturkan awal mula mendirikan kedai kopi tersebut. Menurut dia, munculnya ide untuk mendirikan kedai kopi ini berangkat dari hobinya yang suka jajan. Dan kebetulan, dia juga memiliki lahan kosong yang lokasinya berada di halaman belakang rumah.

"Awal mula saya memutuskan membuka kedai ini, pertama memang saya orangnya suka jajan dan kebetulan saya punya lahan kosong yang ada di belakang rumah. Akhirnya ya saya buka kedai ini," kata Sam sapaan akrabnya, belum lama ini.

Kedai kopi hidden gem di Cirebon.Kedai kopi hidden gem di Cirebon. Foto: Ony Syahroni/detikJabar

Baca Juga: Di Kedai Favorit Pesepeda yang Asri Ini Ada Kopi Tarik Nikmat

Hingga saat ini, kedai kopi milik Sam telah berjalan selama kurang lebih lima bulan. Meski lokasinya tersembunyi, namun dari kedai kopi ini, Sam mengaku bisa meraup omzet hingga sekitar Rp 12 juta - Rp 15 juta setiap bulannya.

Sejak pertama kali membuka tempat usahanya, Sam bilang sangat jarang melayani konsumen yang datang secara langsung. Produk-produk makanan dan minuman yang tersedia di kedai kopi miliknya memang lebih banyak dijual secara online melalui berbagai macam aplikasi e-commerce.

"Memang kita lebih banyak menjual produk makanan dan minuman secara online. Kalau yang datang langsung, paling konsumen-konsumen yang repeat order (membeli lagi)," kata dia.

Baca artikel selengkapnya DI SINI.

Baca Juga: Mburi Umah, Kedai Kopi 'Hidden Gem' di Cirebon



Simak Video "Nyantai di Coffee Shop Hits Depok yang Hadirkan Nuansa Asri"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT