Ini Kata Sushi Chef Soal Tren Sushi Murah Meriah

ADVERTISEMENT

Sushi Murah Meriah

Ini Kata Sushi Chef Soal Tren Sushi Murah Meriah

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Jumat, 14 Okt 2022 18:00 WIB
Sushi Enak Rp 10.000an Kini Ditawarkan di Gerobak hingga Supermarket
Foto: Getty Images/iStockphoto/Karina Mako Oktaviani
Jakarta -

Kemunculan restoran sushi murah meriah dan penjual sushi kaki lima membuat sushi kini bisa dinikmati banyak lapisan masyarakat. Sushi chef profesional asal Indonesia, chef Uki, memberikan pendapatnya.

Dahulu sushi identik sebagai makanan premium yang hanya disajikan di restoran kelas atas. Hal ini terkait teknik membuatnya yang tak bisa dilakukan sembarang orang dan bahan-bahan utamanya yang didominasi makanan segar dan berkualitas.

Tapi kini anggapan soal sushi mahal rasanya perlahan sirna. Pasalnya banyak menu sushi murah meriah dijajakan di restoran sushi mungil, warung tenda, hingga penjual gerobakan.

Harganya tentu saja jauh lebih murah dari yang di restoran premium. Mulai dari Rp 10.000, sepiring sushi enak bisa dinikmati.

Melihat fenomena ini, sushi chef terkenal di Indonesia, chef Slamet Basuki atau akrab disapa chef Uki memberikan pendapatnya. Kepada detikfood (11/10), ia mengaku sangat senang dengan kemunculan produk sushi harga terjangkau.

Chef Slamet Basuki atau akrab disapa chef Uki aktif memberikan edukasi soal sushi di Instagram @umakusushiChef Slamet Basuki atau akrab disapa chef Uki aktif memberikan edukasi soal sushi di Instagram @umakusushi. Foto: Instagram umakusushi

Artinya, menu sushi itu sendiri semakin dikenal luas di Indonesia. "Saya sangat senang sushi sudah banyak dikenal, disukai, dan seiring itu banyak kedai penjualnya, baik di mall kedai kecil atau hanya online dibuat di rumah," tutur chef yang pernah berlaga dalam kompetisi sushi tingkat dunia pada 2015 ini.

Hanya saja chef Uki berharap, tren sushi murah meriah ini juga dibarengi dengan edukasi soal keamanan pangan sushi yang dipahami dan diterapkan, baik oleh penjual maupun pembeli.

"Sebagaimana kita tahu, sebagian besar sushi menggunakan bahan mentah atau bahan makanan yang mudah rusak, basi, atau membusuk," ujar pemilik restoran Umaku Sushi ini.

Tips memilih sushi murah yang terjamin kualitasnya

Viral Restoran Sushi Tidak Halal, Ini 3 Bahan Sushi yang Tak HalalTips memilih tempat makan sushi murah meriah terbaik, salah satunya dengan pilih yang menggunakan bahan berkualitas. Foto: Getty Images/iStockphoto/merc67

Chef Uki tak pelit berbagi ilmu soal membuat sushi berkualitas, meski harganya terjangkau. Ia berujar, "Yang paling utama adalah memakai bahan dengan kualitas terbaik, kalau mau dikonsumsi mentah haruslah memakai produk sashimi atau sushi grade."

Ia juga bilang penanganan sushi mentah dan matang berbeda. "Saat membuat sushi juga harus sesering mungkin cuci tangan dan membasahi tangan dengan cuka yang berfungsi sebagai anti bakteri atau memperlambat proses pembusukan," sambung chef ramah ini.

Lalu untuk memilih tempat makan sushi murah, chef Uki menyarankan tidak sembarangan dan jangan tergoda hanya karena harganya miring. Tips utama yang bisa dilakukan, memilih restoran sushi yang pelanggannya cukup banyak karena berarti perputaran bahan segarnya bakal lebih cepat.

"Yang kedua, pilih restoran sushi yang chefnya berpengalaman menangani sushi. Walaupun kurang ramai pengunjung, chef tersebut akan mampu merawat, menyimpan, dan menyajikan sushi hanya yang terbaik," katanya.



Simak Video "Murah Meriah! Makan Sushi di Mal Mulai Rp 10 Ribu per Piring"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT