Uniknya Bakso Urakan Cirebon, Ditambah Suwiran Ayam dan Ragam Sayuran!

ADVERTISEMENT

Uniknya Bakso Urakan Cirebon, Ditambah Suwiran Ayam dan Ragam Sayuran!

Ony Syahroni - detikFood
Sabtu, 08 Okt 2022 14:30 WIB
Bakso urakan di Cirebon
Foto: Ony Syahroni/detikJabar
Cirebon -

Di Cirebon ada bakso unik yang tampilannya mirip capcay. Namanya bakso urakan yang dibuat dengan tambahan suwiran ayam dan ragam sayuran. Wah, cocok dimakan pakai nasi!

Tiap daerah Indonesia menawarkan racikan bakso khas, bahkan tak jarang muncul kreasi unik. Salah satunya di Cirebon yang terkenal dengan Bakso Urakan.

Menu bakso ini dijual di Warung Bakso Pak Edi yang berlokasi di Jalan Kesambi Dalam, Kelurahan Jagasatru, Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon. Banyak pencinta bakso penasaran dengan tampilan dan rasa bakso di sini.

Nama 'urakan' disematkan pada bakso ini karena tampilannya seperti berantakan. Bakso dimasak dengan campuran suwiran daging ayam dan berbagai macam sayuran.

Baca Juga: Nikmatnya Bakso Sultan, Bakso Sepanci yang Lagi Viral di Bandung

Uniknya Bakso Urakan Cirebon, Ditambah Suwiran Ayam dan Ragam Sayuran!Tak sama dengan bakso pada umumnya, Bakso Urakan Cirebon ini mirip seperti capcay. Foto: Instagram @seeisall

Tampilannya terlihat seperti capcay, namun dari segi isi maupun rasanya berbeda. Isian pada Bakso Urakan adalah campuran suwiran daging ayam, kol, sawi hijau dan tentunya bakso itu sendiri.

Kepada detikJabar, Pak Edi (71) selaku pemilik warung bakso menuturkan awal mula terciptanya menu bakso urakan. Pak Edi sendiri memulai usaha baksonya sejak tahun 1970-an, namun khusus untuk menu bakso urakan, baru tercipta 25 tahun silam.

Kala itu, Pak Edi mengaku termotivasi untuk membuat menu bakso yang berbeda dari bakso pada umumnya. Alhasil, ia pun membuat menu bakso yang diberi nama Bakso Urakan. Menurut Pak Edi, menu bakso yang ia buat cukup digemari oleh pelanggan.

Baca Juga: Panas Mengepul! Bakso Lava di Atas Hot Plate Disiram Saus BBQ

Uniknya Bakso Urakan Cirebon, Ditambah Suwiran Ayam dan Ragam Sayuran!Isianya yang lengkap membuat hidangan ini digemari masyarakat Cirebon dan sekitarnya. Foto: Instagram @seeisall

"Ya dulu awalnya saya mau buat menu yang berbeda. Saya buatlah menu bakso yang saya beri nama Bakso Urakan ini. Dan Alhamdulillah banyak yang suka," kata Pak Edi, belum lama ini.

Satu porsi Bakso Urakan di warung bakso Pak Edi dijual dengan Rp 25.000. Jika satu porsi Bakso Urakan dirasa kurang mengenyangkan, pelanggan juga bisa memesan tambahan nasi.

"Kalau jam makan siang, pelanggan biasanya pesan bakso urakan sama nasi," kata dia.

Salah seorang pelanggan, Nurlaela (28) mengaku cukup menyukai menu bakso Urakan yang ada di warung bakso Pak Edi. Menurutnya, menu bakso ini berbeda dengan sajian bakso pada umumnya. Selain itu, kata dia, menu bakso Urakan ini cukup pas jika disandingkan dengan nasi putih.

Baca artikel selengkapnya DI SINI.

Baca Juga: Bakso Urakan Cirebon, Makin Enak Kalau Disantap Bareng Nasi



Simak Video "Mencicipi Kopi di Festival Coffee Rajadesa Art and Culture"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT