Pedas Nikmat! Ini Cilok Kuah Goang dan Seblak yang Laris di Tasikmalaya

ADVERTISEMENT

Pedas Nikmat! Ini Cilok Kuah Goang dan Seblak yang Laris di Tasikmalaya

Deden Rahadian - detikFood
Sabtu, 10 Sep 2022 15:30 WIB
Cilok kuah goang dan kuah seblak di Tasikmalaya.
Foto: Deden Rahadian
Tasikmalaya -

Cilok di Tasikmalaya ini istimewa karena bukan diberi bumbu kacang, melainkan dipadukan kuah goang hingga seblak yang pedasnya nikmat. Makin enak lagi dengan tambahan ceker ayam tanpa tulang!

Cilok adalah jajanan populer di Jawa Barat, tak terkecuali di Tasikmalaya. Di kota ini ada kedai penjual cilok terkenal bernama Kedai Cica Bowls di kawasan Rasamala.

Mereka menjual cilok isi daging ayam dan lemak bersama paduan kuah goang dan kuah seblak. Keduanya terasa pedas mantap karena dibuat dengan cabe berkualitas.

Menu favoritnya, cilok kuah seblak ceker tanpa tulang serta cilok goang kuah daun jeruk dengan topping tulang dan tahu. Keunikan menu ini ada pada topping ceker ayam tanpa tulang yang super empuk dan juicy.

Cilok kuah goang dan kuah seblak di Tasikmalaya.Kedai Cica Bowls di Tasikmalaya. Foto: Deden Rahadian

"Idenya, tahun 2019 kan lagi boomingnya seblak, kita coba kuliner unik dan otentik cilok tapi dikasih kuah seblak atau kuah goang. Ternyata mantap banyak peminatnya," kata Meli Meilasari, pengelola kuliner Cica Bowls di tempat kerjanya, Selasa (7/9/22).

Baca Juga: 20 Cilok Mantul Ada di Sini, Cilok Goang hingga Isi Keju

Untuk membuatnya, bahan isian seperti cilok matang, topping tahu, daun jeruk, tulang ayam hingga ceker ayam tanpa tulang disiapkan. Kemudian siapkan air panas, bumbu dapur kaya rempah, penyedap rasa serta cabai merah dan hijau yang sudah dihaluskan.

"Bumbu kaya rempah dipanaskan dalam wajan kemudian campurkan cabai merah yang sudah dihaluskan sesuai selera. Selanjutnya tuangkan air putih panas dalam wajan. Tunggu beberapa saat sampai mendidih, kemudian masukan cilok isi serta ceker tanpa tulang. Terus aduk jangan lupa supaya bumbunya meresap. Sebelum disajikan taburi hidangan cilok dengan bawang goreng dan irisan daun jeruk untuk memperkaya aroma," tambah Meli.

Cilok kuah goang dan kuah seblak di Tasikmalaya.Cilok kuah seblak dengan topping ceker ayam tanpa tulang. Foto: Deden Rahadian

Proses ini nyaris sama dengan pembuatan cilok goang kuah daun jeruk cabai domba. Bedanya cabai yang dicampur gunakan cabai hijau hingga kuahnya tidak berwarna merah. Topping yang dicampurkan juga berbeda, mulai dari tahu putih, tulang ayam, hingga irisan daun jeruk.

Setiap hari kedai Cica Bowls mampu menjual ratusan porsi cilok kuah seblak dan cilok goang kuah. Satu porsi harga cilok ini dibanderol mulai Rp 12 ribu sampai Rp 21 ribu tergantung topping yang dipilih konsumen.

Baca Juga: Gurih Pedas! Ini Kupat Tahu Mangunreja Sejak 1955 di Tasikmalaya

"Sehari sampai 100 porsi lebih, yang beli makan ditempat atau online," tambah Meli.

Menu Kedai Cica Bowls ini diserbu konsumen yang langsung makan ditempat hingga pemesanan online. Tak hanya wanita, kaum adam juga menyukai cilok kuah seblak ini.

Selain rasanya super lezat, hidangan ini terbilang mengenyangkan dan harganya ramah di kantong.

Cilok kuah goang dan kuah seblak di Tasikmalaya.Cilok kuah goang dengan taburan irisan daun jeruk. Foto: Deden Rahadian

"Saya sering makan cilok ini lezat, rasanya beda dari yang lain. Tambah lagi aroma daun jeruknya khas banget nambah lahap makan. Kan harganya juga murah ramah di kantong pokoknya," kata Fajar, salah seorang konsumen.

Tingkat kepedasan kuliner cilok kuah seblak dan kuah goang disini bisa disesuaikan dengan keinginan konsumen. Meski terasa pedas, kelezatan rasanya nendang di lidah.

Baca testimoni pelanggan Kedai Cica Bowls soal cilok kuah goang dan seblak di artikel INI.

Baca Juga: Mantap! Kreasi Cilok dengan Kuah Goang dan Seblak di Tasikmalaya



Simak Video "Bikin Laper: Seblak Super Enak di Kawasan Palmerah"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT