Gurih Pedas! Ini Kupat Tahu Mangunreja Sejak 1955 di Tasikmalaya

ADVERTISEMENT

Gurih Pedas! Ini Kupat Tahu Mangunreja Sejak 1955 di Tasikmalaya

Deden Rahadian - detikFood
Sabtu, 02 Jul 2022 11:30 WIB
Kupat Tahu Mangunreja, salah satu kuliner legendaris di Tasikmalaya.
Foto: Deden Rahadian
Tasikmalaya -

Jalan-jalan ke Tasikmalaya bukan hanya bisa cicip nasi tutug oncom nikmat, kupat tahu khas Tasikmalaya juga sayang dilewatkan. Tempat legendaris untuk menikmatinya ada di Kupat Tahu Mangunreja.

Kupat tahu kerap direkomendasikan bagi para pelancong yang berkunjung ke Tasikmalaya. Dari beberapa penjual yang ada, kamu bisa mampir ke Kupat Tahu Mangunreja yang legendaris karena sudah berdiri sejak 1955.

Hidangan ini berasal dari Kampung Toblong, Kecamatan Mangunreja. Warungnya berada di pinggir Jalan Raya Tasikmalaya - Garut KM 2, tepat di Kawasan Mangunreja. Patokannya tak jauh dari Kantor Polres Tasikmalaya.

Di warung ini, kupat tahu tersaji hangat-hangat. Potongan ketupat yang agak padat jadi ciri khasnya. Bumbu kacangnya juga khas karena masih memiliki buliran kacang kasar.

Dua hal inilah yang membedakan menu Kupat Tahu Mangunreja dengan yang ditawarkan penjual lain. Konon bumbu kacangnya merupakan resep keluarga yang kaya rempah.

Baca Juga: 5 Tempat Makan Mi Bakso Enak di Tasikmalaya, Berdiri Sejak 1970an!

Kupat Tahu Mangunreja, salah satu kuliner legendaris di Tasikmalaya.Kupat Tahu Mangunreja, salah satu kuliner legendaris di Tasikmalaya. Foto: Deden Rahadian

Rasa bumbu kacang di sini juga nikmat. Ada sentuhan pedas dari penggunaan cabai dan pemakaian bawang daun sebagai campuran. Terakhir, diberi bumbu kecap manis dan pelengkap kerupuk.

"Saya kalau ke Tasik selalu mampir di kupat tahu Mangunreja yang asli ini. Mau liburan sekolah anak-anak kaya sekarang nih atau lagi mudik atau lagi ada kerjaan kayaknya hampir enggak kelewat cicipi kupat Tahu Mangunreja. Rasanya maknyos top markotop lezatnya," tutur Taufik Hidayat, pelanggan asal Gedebage Bandung ditemui di lokasi, Rabu (29/6/22).

Kupat Tahu Mangunreja kini dikelola generasi ketiga sejak didirikan 67 tahun lalu. Adalah Lala Nurlaela, pengelola Kupat Tahu Mangunreja sekarang. Ia bersama kerabatnya terus mempertahankan warung makan ini.

Perintisnya adalah kakek buyut Lala yang bernama Abah Usam dan Ochi. Dahulu mereka berjualan dengan cara dipikul berkeliling dari kampung ke kampung.

Baca Juga: Gurih Mantap! Bubur Ayam Khas Tasikmalaya yang Disajikan Tanpa Kuah

Lantas barulah pada generasi kedua dilanjutkan oleh anaknya, Mang Maman dan Ibu Tirah. Hingga pada saat ini usaha keluarga tersebut dipercayakan kepada Lala Nurlaela.

Akan tetapi meski sudah turun temurun, resep kupat tahu ini tetap terjaga dengan baik. Makanya tidak salah jika saat ini banyak yang penasaran dengan rasa kupat tahu Mangunreja.

Dalam sehari, Kupat Tahu Mangunreja bisa menghabiskan ratusan porsi. Selain karena rasanya yang enak, harga hidangan ini juga terbilang terjangkau.

Seperti apa ceritanya? Baca artikel selengkapnya DI SINI.

Baca Juga: Kupat Tahu Mangunreja, Kuliner Legendaris Khas Tasikmalaya



Simak Video "H-1 Lebaran, Ketupat Air Tanjung Tasikmalaya Naik Omzet 100 Persen"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT