5 Tempat Makan Mi Bakso Enak di Tasikmalaya, Berdiri Sejak 1970an!

ADVERTISEMENT

5 Tempat Makan Mi Bakso Enak di Tasikmalaya, Berdiri Sejak 1970an!

Faizal Amiruddin - detikFood
Jumat, 11 Mar 2022 15:00 WIB
Gurih Mantap! Si Raja Bakso di Tasikmalaya yang Legendaris Ini
Foto: detikcom/Riska Fitria
Tasikmalaya -

Penggemar mi bakso bisa puas jajan saat di Tasikmalaya. Ada banyak penjual mi bakso enak, 5 tempat berikut termasuk di antaranya.

Tasikmalaya menawarkan banyak kuliner tradisional khas, namun salah satu yang paling terkenal adalah mi bakso. Warga lokalnya bahkan banyak yang suka bakso hingga menganggap makan bakso bisa menjadi solusi saat tengah hadapi masalah.

Hal ini terlihat dari istilah Sunda "hade goreng ku basa" yang diplesetkan. Arti aslinya adalah "Baik buruk sesuatu tergantung bahasa atau cara komunikasinya."

Istilah tersebut diplesetkan menjadi "hade goreng ku baso". Artinya "Baik buruk suatu keadaan akan bisa diselesaikan sambil makan bakso."

"Urang Tasik mah hade goreng ku baso, ya plesetan itu muncul karena kegemaran masyarakat Tasikmalaya akan kuliner mi bakso. Apalagi di Tasik banyak bakso enak," kata Aditya Hiracahya dari komunitas URG TSK, sebuah komunitas pegiat kuliner dan wisata di Tasikmalaya, Rabu (9/3/2022).

Menurut Aditya, makan mi bakso sudah menjadi kebiasaan banyak masyarakat Tasikmalaya. "Kumpul-kumpul teman atau keluarga selalu berakhir makan bakso, pacaran makan bakso, pulang shopping makan bakso," kata Aditya.

Dari pantauan detikJabar, di Kota Tasikmalaya memang terdapat puluhan pedagang mi bakso yang terkenal dengan berbagai citarasanya. Urusan rasa memang bersifat subjektif, namun pemilihan mi bakso di bawah ini didasarkan kepada eksistensinya yang sudah puluhan tahun dijajakan.

Usaha kuliner yang sudah berusia puluhan tahun, jelas menjadi penanda bahwa citarasanya sudah mendapat tempat di lidah masyarakat. Dari sekian banyak pedagang mi bakso, berikut 5 mi bakso di Tasikmalaya yang direkomendasikan detikJabar:

1. Mi Bakso Laksana

Mi bakso ini berlokasi di Jalan Pemuda Kota Tasikmalaya. Mi bakso ini sudah terkenal sejak tahun 1970-an. Mie bakso ini mengusung konsep mi bakso China atau disajikan dengan mi yang melimpah dan ukuran bakso yang kecil-kecil. Harga seporsi sekitar Rp 35 ribu.

Baca Juga: Gurih Mantap! Si Raja Bakso di Tasikmalaya yang Legendaris Ini

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT