ADVERTISEMENT

Ada Laksa Riau dan Wagyu Lampung di 'Chef's Journey Tasting Menu' yang Menggoda Selera

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Kamis, 01 Sep 2022 14:30 WIB
Ada Laksa Riau dan Wagyu Lampung di Chefs Journey Tasting Menu yang Menggoda Selera
Foto: August Restaurant Jakarta
Jakarta -

Sejak hadir November 2021, reservasi restoran premium di jantung ibu kota ini sering kali penuh. Terbaru, mereka meluncurkan tasting menu yang istimewa karena menggunakan bahan berkualitas lokal Indonesia.

August adalah restoran premium berkonsep elegan dan nyaman di Sequis Tower, SCBD, Jakarta. Restoran ini diprakarsai dua sosok berpengalaman dalam bidang industri makanan dan minuman (F&B), yaitu Budi Cahyadi dan Hans Christian.

Budi Cahyadi sebelumnya adalah mantan petinggi hotel bintang 5, sedangkan Hans Christian merupakan chef di sebuah restoran fine dining hotel bintang 5 di Jakarta pula. Keduanya 'melahirkan' August dengan berbagai harapan baik.

Baik Budi dan Hans lebih senang menyebut restoran mereka sebagai restoran premium, alih-alih restoran fine dining. "Kami tak ingin para tamu merasa terintimidasi saat mereka menjejakkan kaki ke restoran ini. Kami tak melihat August sebagai sebuah restoran fine dining, melainkan sebagai restoran premium yang menyuguhkan hidangan dan layanan terbaik," kata Budi dalam acara jamuan makan media di August (31/8).

Ada Laksa Riau dan Wagyu Lampung di 'Chef's Journey Tasting Menu' yang Menggoda SeleraBudi Cahyadi dan Hans Christian, sosok di balik restoran August. Foto: August Restaurant Jakarta

Interior August dibuat layaknya suasana rumah. Bagian bersantapnya seperti ruang tamu yang cozy. Ada pula area 'open kitchen' yang menyatu dengan area bersantap sehingga pengunjung bisa melihat bagaimana tim August menyiapkan pesanan mereka.

Dalam acara ini pula, chef Hans Christian memperkenalkan menu baru August yang akan tersedia mulai September 2022. Menu ini istimewa karena berupa tasting menu bertajuk 'Chef's Journey Tasting Menu'.

Ada 14 menu yang disediakan dengan beragam latar cerita menarik, mulai dari kenangan masa kecil chef Hans yang indah hingga kisah hubungan baik antara August dengan para pemasok bahan lokal. Mereka adalah nelayan, petani, hingga para peternak.

detikfood berkesempatan mencicipi 'Chef's Journey Tasting Menu' di August. Kreasi hidangan modern Eropa ala chef Hans ini terlihat memikat dengan sentuhan penggunaan bahan lokal Indonesia.

Dimulai dari deretan menu pembuka. Pertama, ada minuman penyegar mulut berupa kombucha yang memakai SCOBY (Symbiotic Culture Of Bacteria and Yeast) berusia 3 tahun. Cita rasanya asam segar dengan sentuhan rasa buah leci.

Makanan pembuka berupa EVOO Bread 'Adam' Levain juga menarik selera. Roti yang renyah sekaligus kenyal dan lembut ini dibuat dengan ragi alami berusia 3 tahun dan olive oil. Ada paduan jamur champignon, keju parmesan, daun thyme yang istimewa.

Lanjut mencicipi Breakfast from Mom, chef Hans berujar, "Ini terinspirasi makanan yang sering dibawakan oleh ibu saya sebagai bekal ketika saya masih kecil." Menu ini berupa kerupuk nasi dengan lap cheong ayam dan saus telur yang gurih nikmat.

Ada Laksa Riau dan Wagyu Lampung di 'Chef's Journey Tasting Menu' yang Menggoda SeleraWagyu Lampung dibuat jadi carpaccio dengan tambahan black olive dan delima. Foto: August Restaurant Jakarta

Di deretan menu utama, chef Hans menyuguhkan Lampung Wagyu Carpaccio. "Jadi di Lampung itu ada peternakan sapi wagyu Tokusen. Bibit sapi jantannya adalah full blood wagyu dari Jepang yang dikawinkan dengan sapi betina lokal," cerita chef Hans.

Ia memakai bagian atas paha depan (rump) agar cita rasa dagingnya makin kuat. Wagyu carpaccio kemudian disandingkan dengan zaitun hitam dan buah delima yang segar.

Chef Hans kemudian memanjakan selera pengunjung dengan Stracciatella Salad yang dipasangkan bersama Parmesan Water. Minuman ini unik karena dibuat dari kulit parmesan yang difermentasi 4 hari bersama bunga melati, garam, dan gula untuk ciptakan rasa umami.

Sentuhan rasa Indonesia juga dibawa chef Hans pada hidangan scallop. Ia memadukannya dengan saus yang terinspirasi laksa khas Riau. "Laksa Riau itu berbeda karena dia pakai ebi dan ikan teri," ujar chef Hans.

Tak hanya di situ, chef Hans juga memberi pelengkap daun ruku-ruku goreng dan jagung manis Lembang pada hidangan scallop. "Ini jagung manis dari Lembang, warnanya ada putih dan kuning. Rasanya manis banget," cerita chef Hans.

Ada Laksa Riau dan Wagyu Lampung di 'Chef's Journey Tasting Menu' yang Menggoda SeleraNikmatnya scallop dengan bumbu andaliman dan sentuhan rasa laksa khas Riau. Foto: August Restaurant Jakarta

Selanjutnya, ada Duck 'Opor' Croquette, Coca Cola. Berupa kroket isi duck confit yang diberi topping selai manis asam berbahan Coca Cola dan kismis. Paduan tekstur renyah kroket dengan rasa gurih berempah dan manisnya selai begitu nikmat!

Fish of the Day juga tak kalah istimewa. Fillet ikan barramundi yang didapat dari nelayan lokal ini diberi kuah berempah yang dimana chef Hans terinspirasi garang asem. Kuah asamnya terasa 'light' dan menyegarkan.

Paling istimewa, hidangan ini dipasangkan dengan sayuran Brussel Sprout dan cuciwis yang dibumbui 'emulsion' kecap racikan chef Hans. Ada cita rasa manis, umami, dan sedikit pahit yang begitu kompleks namun nikmat di mulut.

Satu lagi dari deretan menu utama, chef Hans punya James & Jen's Fresh Egg yang menggambarkan hubungan baik August dengan peternak ayam organik di Bogor. Pihaknya menyuplai telur segar, tak lebih dari 48 jam, untuk diolah di August.

Chef Hans mengolah telur ayam dengan teknik sous vide. Ia memadukannya dengan bayam Jepang (horenzo), bacon marmalade, dan kulit ayam yang gurih renyah.

Ada Laksa Riau dan Wagyu Lampung di 'Chef's Journey Tasting Menu' yang Menggoda SeleraDessert ketan item, pandan, dan meringue buatan dessert chef August yang puaskan selera. Foto: August Restaurant Jakarta

Puas dengan semua suguhan gurih, August menawarkan dessert yang juara enaknya. Ada puding pandan ketan item bersama meringue dan 'telur puyuh' isi lelehan salted caramel dan vanilla yang puaskan selera.

Semua dessert ini dibuat dengan visual cantik memanjakan mata. Rasa manisnya juga pas menurut kami sehingga tak bikin eneg.

Deretan 'Chef's Journey Tasting Menu' sudah bisa dinikmati mulai September 2022 dan hanya tersedia untuk makan malam. Informasi lebih lanjut dan reservasi bisa menghubungi WhatsApp 0877-3800-0808 atau email ke rsvp@augustjakarta.com.



Simak Video "Bikin Laper: Oseng-oseng Pedas Cumi hingga Ikan Cakalang "
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT