ADVERTISEMENT

Gurih Manis! Inovasi Bakso Durian yang Unik dari Desa Ngrimbi Jombang

Enggran Eko Budianto - detikFood
Kamis, 18 Agu 2022 16:30 WIB
Bakso durian Wonosalam Jombang
Foto: Enggran Eko Budianto/detikJatim
Jakarta -

Variasi bakso memang tak terbatas. Di Desa Ngrimbi, Jombang, ada kreasi bakso durian yang unik. Pencinta durian dan bakso wajib coba nih!

Bakso dan durian adalah dua makanan berbeda yang masing-masing punya banyak peminat. Tapi tak banyak orang berpikir kalau dua makanan ini bisa dikawinkan dan bahkan menjadi sebuah inovasi unik.

Hal ini diperkenalkan Iis Martha, seorang penjual bakso di Desa Ngrimbi, Kecamatan Bareng, Jombang. Warung baksonya terletak dekat gapura masuk Kecamatan Wonosalam yang terkenal sebagai penghasil durian di Kota Santri.

"Di Wonosalam kan banyak makanan olahan durian ya, makanya saya bikin inovasi baru bakso durian supaya beda dengan yang lain," kata Iis kepada wartawan di lokasi, Minggu (7/8/2022).

Baca Juga: Gurih Pedas 'Bakso Pelakor' yang Bentuknya Mirip Payudara

Bakso durian Wonosalam JombangBakso durian Wonosalam Jombang Foto: Enggran Eko Budianto/detikJatim

Sesuai namanya, hidangan ini memadukan gurih mantapnya adonan daging pada bakso dengan isian durian yang cenderung manis. Cara membuatnya tak berbeda dengan bakso isi pada umumnya.

Adonan dibuat dari tepung terigu dan daging sapi yang sudah dihaluskan. Selanjutnya, adonan bakso dibentuk bulat, lalu diisi dengan daging durian pilihan.

Semua bakso yang berisi daging durian lantas dikukus dengan kuah kaldu yang sudah diberi bumbu khusus sampai matang. Alhasil, rasa gurihnya bakso kian nendang.

"Rasa baksonya beda karena perpaduan buah durian yang legit dengan daging sapi yang gurih," jelas Iis.

Bakso durian Wonosalam JombangBakso durian Wonosalam Jombang Foto: Enggran Eko Budianto/detikJatim

Ia memperkenalkan bakso unik ini sejak 5 tahun lalu. Kini bakso durian sudah punya banyak penggemar. Penikmatnya datang dari berbagai daerah di Jawa Timur.

Baca Juga: 10 Bakso Viral yang Pernah Heboh di Medsos, Ada Bakso Cumi Raksasa dan Bakso Lobster

Nilai tambahnya, bakso durian dijual dengan harga terjangkau. Pembeli cukup merogoh kocek Rp 15 ribu saja per porsi.

Tak ayal, penjualannya mencapai puluhan porsi bakso durian di hari biasa. Sedangkan pada hari libur mencapai ratusan porsi. "Omzet per bulan sekitar Rp 20 juta, bisa lebih," ungkapnya.

Warung bakso Iis juga menyajikan beberapa varian bakso lainnya. Tempat ini kerap menjadi jujukan wisatawan yang akan menuju maupun pulang dari Wonosalam.

Bakso durian Wonosalam JombangBakso durian Wonosalam Jombang Foto: Enggran Eko Budianto/detikJatim

Salah seorang penikmat bakso durian, Dewi Wimayanti membeberkan pendapatnya soal rasa bakso ini. Baca berita selengkapnya DI SINI.

Baca Juga: Memori Semangkuk Bakso Durian di Jombang, Gurih dan Legit



Simak Video "Masak Masak: Bakso Aci Mercon"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT