#77PortraitAnakBangsa

Kiat Sukses Danu Sofwan Bisnis Cendol-Es Teh Pakai Teknologi Digital

Yudistira Perdana Imandiar - detikFood
Senin, 15 Agu 2022 10:10 WIB
Danu Sofwan
Shot on OPPO Reno8 Pro 5G. (Foto: Dok OPPO)
Jakarta - Indonesia terkenal akan kekayaan kuliner yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Potensi kuliner Nusantara ini dapat menjadi ladang usaha untuk masyarakat Indonesia.

Saat ini, banyak ditemukan kreasi kuliner Nusantara yang dikemas dengan cara modern. Hal itu membuat makanan dan minuman tradisional disukai berbagai kalangan masyarakat.

Membuat kuliner tradisional menjadi lebih populer dilakukan CEO PT Warisan Kuliner Indonesia Danu Sofwan. Ia merintis brand kuliner 'Radja Cendol' dan 'Es Teh Indonesia' hingga memiliki ratusan cabang se-Indonesia.

Radja Cendol adalah bisnis yang bergerak di bidang kuliner yang telah memiliki 800 cabang di seluruh Indonesia. Raja Cendol memiliki daya tarik menggunakan brand positioning sebagai 'Pelopor Cendol Susu Inovatif Pertama di Indonesia', serta nama menu-menu yang terkesan unik dan nyeleneh.

Danu mengatakan ia memiliki kunci tersendiri agar usahanya tetap bertahan, bahkan lebih berkembang di era pandemi. Saat sistem dine in tidak diperbolehkan pada awal pandemi, ia beradaptasi kepada bisnis model DRD (Dropshipper-Reseller-Distributor). Mulai dari situ, ia mulai pengaplikasian nyata dan bukti pentingnya data driven di mana ia mulai membangun pasukan DRD melalui email marketing.

Danu menekankan kunci sukses Radja Cendol adalah dengan memaksimalkan data driven serta email marketing dengan membangun dan menggunakan aplikasi yang bernama Randol Apps.

Di aplikasi tersebut calon mitra bisa mengisi data dan company profile, serta mengetahui apapun tentang Randol. Sementara itu, pembeli bisa mendapatkan stempel yang kemudian bisa mereka tukarkan dengan hadiah hadiah tertentu.

Danu menambahkan hal lain yang paling penting dalam perkembangan bisnis Radja Cendol adalah pengelolaan sosial media. Menurutnya, pengelolaan yang terus dibangun melalui campaign yang cocok dengan target market akan membuat bisnisnya berkembang lebih pesat.

Sebelum berkembang pesat seperti saat ini, ternyata Danu memulai bisnis dengan modal yang terbatas. Tapi, ia memiliki gagasan dan inovasi, baik dalam hal menu maupun cara pemasaran yang mendorong bisnisnya cepat berkembang.

Sebelum sukses dalam bisnisnya sekarang, Danu pernah melakoni berbagai pekerjaan. Mulai dari berjualan sepatu dan baju , menjadi supir, bahkan mengamen. Hal itu membentuk mental Danu menjadi lebih kuat lagi.

Sebagai informasi, foto 77 Potret Anak Bangsa di atas diabadikan oleh kamera OPPO Reno8 Pro 5G 'The Portrait Expert'. Ponsel ini dilengkapi chipset MariSilicon X, memberikan performa AI terbaik dalam mengolah foto maupun video bahkan saat kondisi minim cahaya.

OPPO Reno8 Pro 5G mampu membuat siapa pun dapat menghasilkan karya dan mengekspresikan diri tanpa batas melalui teknologi yang dimiliki, desain yang memukau dan performa paling unggul. Kamu juga bisa berpartisipasi dalam kampanye 77 Potret Anak Bangsa di Instagram OPPO Indonesia, kunjungi website resmi OPPO Indonesia untuk informasi lebih lanjut melalui tautan ini. (ads/ads)