ADVERTISEMENT

Kenyal Gurih! 10 Lontong Kikil Enak di Surabaya Ada di Sini

Tim detikjatim - detikFood
Kamis, 11 Agu 2022 17:00 WIB
De Resto: Cicip Lontong Kikil dengan Buko Pandan di Resto Asri Bogor
Foto: detikFood
Jakarta -

Dari Surabaya, ada kuliner lontong yang layak dicoba. Namanya lontong kikil yang memadukan irisan lontong empuk dengan siraman kuah berisi kikil nan kenyal dan gurih.

Kikil alias kaki sapi bisa diolah menjadi beragam sajian enak. Di Surabaya, masyarakatnya mengenal makanan khas berupa lontong kikil.

Kuahnya berwarna kuning oranye seperti opor, tapi lebih ringan karena dibuat tanpa santan. Lontong kikil disajikan bersama sambal cuka, jeruk nipis, serta taburan daun bawang yang diiris halus, dan bawang goreng.

Mengunjungi Surabaya rasanya tak lengkap tanpa mencoba lontong kikil. Makanan ini terasa makin nikmat saat dimakan hangat-hangat.

Berikut 10 lontong kikil enak di Surabaya:

1. Lontong Kikil Bu Sugeng

lontong kikil bu sugengLontong kikil Bu Sugeng begitu terkenal di Surabaya. Kuahnya dikenal segar dan tidak terlalu berminyak, serta kikilnya yang empuk. Foto: pergikuliner.com

Lontong kikil Bu Sugeng begitu terkenal di Surabaya. Kuahnya dikenal segar dan tidak terlalu berminyak, serta kikilnya yang empuk. Jika tidak suka lontong, maka Anda bisa menikmatinya dengan sepiring nasi hangat.

Lontong kikil Bu Sugeng berlokasi di ujung Jalan Mustika, kawasan Raya Ngagel (depan aliran kalimas sebelah pabrik IGLAS). Tempat makan ini beroperasi Selasa sampai Minggu mulai pukul 03.00 WIB sampai 09.00 WIB.

2. Kikil Sapi Bronggalan

Kikil Sapi BronggalanLontong kikil di sini juga terkenal enak. Kikil Sapi Bronggalan menyajikan kuah yang segar. Foto: pergikuliner.com

Lontong kikil di sini juga terkenal enak. Kikil Sapi Bronggalan menyajikan kuah yang segar. Paduannya kucuran jeruk nipis dan samba. Kikilnya pun juga empuk dan lembut.

Lokasi warung ini berada di Jalan Bronggalan 26, Tambaksari, Surabaya. Warung ini buka setiap hari kecuali hari Kamis mulai pukul 13.00 WIB sampai dengan 21.30 WIB.

3. Kikil Sapi Lodoyo

Kikil Sapi LodoyoRekomendasi lontong kikil selanjutnya adalah Kikil Sapi Lodoyo yang berada di Jalan Ngagel Jaya Tengah 27, Surabaya. Foto: pergikuliner.com

Rekomendasi lontong kikil selanjutnya adalah Kikil Sapi Lodoyo yang berada di Jalan Ngagel Jaya Tengah 27, Surabaya. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 15.00 WIB sampai dengan 21.30 WIB.

Banyak orang ketagihan lontong kikil di sini karena ukurannya tebal dan teksturnya kenyal. Kuahnya juga sedap dengan porsi yang banyak dan mengenyangkan.

Baca Juga: 10 Kuliner dan Makanan Khas Surabaya, Rawon Setan Paling Dicari



Simak Video "Lontong Kikil, Lezatnya Kuah Kaya Rempah Dengan Potongan Daging yang Empuk dan Lumer di Mulut, Malang"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT