ADVERTISEMENT

Cantik! Entremet Cake Buatan Fleur and Bites di Bandung

Anindyadevi Aurellia - detikFood
Rabu, 10 Agu 2022 17:00 WIB
Valeri Steffani, gadis asli Bandung pemilik Fleur and Bites.
Foto: Anindyadevi Aurellia
Bandung -

Entremet cake adalah jenis dessert fancy asal Prancis yang kerap jadi menu toko kue premium. Di Bandung, pelopor pembuatnya adalah Fleur and Bites yang dimiliki seorang wanita berbakat.

Entremet cake tampil begitu cantik dengan hiasan aneka bunga. Dessert ini disarankan untuk disajikan dingin.

Entremet cake punya ciri khas berupa teksturnya yang berlapis, dibuat dari kue dan krim pastry. Biasanya entremet cake dijual di toko-toko kue premium.

Di Bandung, Fleur and Bites jadi pelopor pembuat kue cantik ini. Entremet cake buatan mereka terdiri dari cake, mousse jelly, mousse, ganache, dan glazed. Dari rumitnya tekstur yang dibutuhkan, maka terbayang cara membuatnya pun tak mudah.

Valeri Steffani, sosok pemilik Fleur and Bites membuat entremet cake secara otodidak. Ia mempelajari sendiri hingga mendapat paduan resep yang pas.

"Sejak dulu aku sangat suka membuat kue, tapi belum pernah punya kesempatan eksplor. Setelah lulus kuliah bisnis, aku jadi salah satu karyawan di perusahaan swasta. Pandemi jadi momen aku belajar baking sambil work from home," ujar Steffi, begitu panggilannya, saat mengawali cerita pada detikJabar.

Valeri Steffani, gadis asli Bandung pemilik Fleur and Bites.Valeri Steffani, sosok pemilik Fleur and Bites di Bandung. Foto: Anindyadevi Aurellia

Baca Juga: Nasi Padang Diwujudkan dalam Kue Menggiurkan Oleh Baker Bandung

Ia menceritakan bagaimana Fleur and Bites, cake shop rumahan miliknya, bisa menjadi pelopor entremet cake di Bandung. Pandemi jadi momen positif untuknya mengembangkan keahliannya. Di tengah sibuknya pekerjaan, ia sempatkan waktu untuk menghibur diri dengan membuat cake.

"Akhirnya aku ikut beberapa online course dari luar negeri yang ngajarin soal entremet cake dengan glazed cantik diatasnya. Aku nggak terlalu suka manis, jadi aku modifikasi resepnya agar rasanya jadi pas," kata Steffi.

Ia mengenang masa-masa kelamnya, sempat dikritik terlalu mahal, harus kewalahan membagi waktu antara bekerja dan berjualan, hingga warna cake yang dihasilkan tidak sesuai keinginan. Namun, saat-saat itu dijadikannya batu sandungan untuk belajar agar bisa melangkah lebih baik lagi.

"Setelah tiga tahun bekerja di perusahaan ternama itu, aku memutuskan untuk keluar dan melanjutkan bisnis yang memang aku buat dari hati. Setiap potongannya, aku pastikan kalau pelanggan aku anak senang dan puas menerimanya. Apalagi ini untuk hari spesial mereka," ujar perempuan 27 tahun tersebut dengan berbinar-binar.

Baca Juga: Ada Aneka Cake Cantik hingga Fatcaron di Kafe 'Aesthetic Korea' PIK

Valeri Steffani, gadis asli Bandung pemilik Fleur and Bites.Salah satu kreasi cantik Fleur and Bites. Foto: Anindyadevi Aurellia

Mengambil keputusan besar dalam hidupnya bukanlah hal yang mudah. Namun pilihannya tak main-main, ia dengan sepenuh hati membangun bisnis kecil miliknya. Ia tahu betul bahwa ada banyak pelanggan yang suka dengan cita rasa cake buatannya.

"Kalau dari testimoni, kebanyakan puas karena sekarang aku sudah bisa bikin cake lebih cepat dengan hasil yang tetap bagus. Bukan stock banyak, aku pastikan fresh. Kalau ada yang pesan mendadak, aku butuh waktu satu jam untuk membuatnya. Sekarang lebih percaya diri karena jam terbang dua tahun membuat cake terus," ceritanya sambil tertawa kecil.

Ia sangat terharu dengan banyak komentar positif dari para pelanggan yang menerima cake buatannya. Setiap cake cantik ia buat dengan penuh cinta, dengan rentang harga antara Rp 300.000 hingga jutaan rupiah bergantung dari ukuran dan request. Steffi bisa memproduksi puluhan cake dalam satu hari.

Entremet cake buatan Fleur and Bites punya banyak peminat, bahkan sampai dikirim ke luar kota. Baca artikel selengkapnya DI SINI.

Baca Juga: Fleur and Bites, Kue Cantik Pelopor Entremet Cake di Bandung



Simak Video "Dessert untuk Berbuka: Kue Entremet dari Prancis"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT