ADVERTISEMENT

Cara Bikin Ikan Asin Jambal Roti Pangandaran yang Gurih Empuk

Aldi Nur Fadillah - detikFood
Selasa, 02 Agu 2022 13:00 WIB
Ikan asin jambal roti.
Foto: Aldi Nur Fadillah/detikJabar
Pangandaran -

Jambal roti, salah satu jenis ikan asin favorit orang Indonesia. Daerah terkenal penghasilnya adalah Pangandaran. Yuk intip proses pembuatan ikan asin jambal roti!

Menyebut jambal roti, banyak orang langsung terbayang nikmatnya ikan asin khas Pangandaran, Jawa Barat ini. Biasanya jambal roti dijajakan di kios-kios untuk dijadikan oleh-oleh khas dari sana.

Seorang penjual ikan asin jambal roti, Kukun menceritakan nama 'jambal' untuk ikan asin ini diambil dari proses pembuatannya.

"Sebenarnya tidak ada sejarah tertulis terkait asal mula jambal Roti, hal ini berjalan dengan sendirinya. Warga lokal Pangandaran menyebut jambal roti itu dengan istilah 'jambal cocok' (melihat prosesnya) dicocok atau dimasukin garam," kata Kukun, Minggu (31/7/2022).

Jambal roti dibuat dari ikan kadukang (Hexanematichthys sagor). Tapi selain jambal roti, ikan bilis (kewer) terkenal lebih dulu. Warga Pangandaran lebih suka menggunakan ikan kadukang dari pada ikan manyung untuk dijadikan ikan asin.

Baca Juga: 5 Oleh-oleh Khas Pangandaran, Ada Ikan Asin hingga Jus Honje Segar

"Cerita lain dari istilah jambal roti yang beredar di masyarakat adalah ikan asin yang digorengnya mudah hancur menyerupai roti apabila disobek. Maka populernya jambal Roti," kata Kukun.

Ikan asin jambal roti.Ikan asin jambal roti. Foto: Aldi Nur Fadillah/detikJabar

Kukun sendiri merupakan generasi kedua pembuat usaha jambal roti. Keluarganya telah menekuni bisnis ini sejak tahun 1990-an.

Ia mengatakan, ikan asin jambal roti tak kalah gizinya dari ikan asin jenis lain. "Proteinnya tinggi, proses pembuatannya juga secara alami, higienis dan dilakukan dengan professional," ucapnya.

Penjualan ikan asin jambal roti Pangandaran sudah merebak ke berbagai daerah di pulau Jawa Bali, Nusa Tenggara dan Sumatera. Selain enak, jambal roti mudah diolah menjadi berbagai macam jenis masakan.

"Makan dengan asin itu nikmat apalagi di tempat yang suhunya dingin seperti Bandung, olahan jambal roti cukup digoreng disajikan dengan sambal bikin nikmat dan ketagihan pastinya," kata Kukun.

Untuk membuat ikan asin jambal roti, Kukun menggunakan ikan kadukang yang dibelinya langsung dari nelayan. Ia melakukan hal ini untuk membantu usaha para nelayan.

Baca Juga: 10 Resep Ikan Asin Sedap yang Bakal Bikin Kamu Tambah Nasi https://food.detik.com/foto-kuliner/d-5647134/10-resep-ikan-asin-sedap-yang-bakal-bikin-kamu-tambah-nasi

Setelah itu, ikan segar yang sudah dipisahkan kotorannya dan dibersihkan akan melalui proses penggaraman. "Cara pertama penggaraman kering, ikan ditaburi memakai garam kristal (garam kasar)," katanya.

Kedua, memakai penggaraman basah, dengan cara melarutkan garam dalam satu wadah kemudian ikan direndam.

Ketiga, bisa menggunakan penggaraman kombinasi, dengan cara ikan ditaburi kristal garam yang dilarutkan dengan garam seluruhnya.

Supaya makin nikmat, ikan asin jambal roti juga dibumbui bawang putih yang ditumbuk. Bahan ini sekaligus berfungsi sebagai pengawet alami.

Proses perendaman ikan selama 2 sampai 3 hari. Selanjutnya ada proses pengeringan yang tujuannya mengurangi kadar air.

Seperti apa proses pengeringan ikan asin jambal roti? Baca artikel selengkapnya DI SINI.

Baca Juga: Mengintip Proses Pembuatan Ikan Asin Jambal Roti Pangandaran



Simak Video "Menyantap Iga Bakar Lezat di Kafe Bernuansa Hutan"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT