Kantong Berbahan Singkong, Ramah Lingkungan dan Bisa Menahan Aroma Makanan

ADVERTISEMENT

Kantong Berbahan Singkong, Ramah Lingkungan dan Bisa Menahan Aroma Makanan

Riska Fitria - detikFood
Kamis, 28 Jul 2022 14:45 WIB
Kantong makanan berbahan singkong
Foto: Instagram @enviplast_ina
Jakarta -

Agar ramah lingkungan, kantong makanan berbahan plastik mulai ditinggalkan. Sebagai gantinya, kantong makanan berbahan singkong bisa dimanfaatkan.

Sampah plastik bisa mencemari lingkungan. Sebab plastik bukan berasal dari senyawa biologis. Plastik memiliki sifat sulit terdegradasi atau sulit terurai di tanah.

Butuh waktu 100 hingga 500 tahun agar plastik dapat terurai dengan sempurna. Karenanya banyak negara yang sudah mengatur kebijakan untuk tidak menggunakan kantong makanan berbahan plastik.

Di Indonesia, kebijakan itu sudah diterapkan oleh beberapa pihak mulai dari supermarket hingga gerai makanan. Kanton makanan berbahan singkong kini pun banyak dipakai sebagai pengganti.

Baca Juga: Kantong Plastik Dilarang, Begini Cara Belanja Tanpa Plastik

Kantong makanan berbahan singkongKantong makanan berbahan singkong Foto: Instagram @enviplast_ina

Sebuah perusahaan bernama PT. Intera Lestari Polimer mengeluarkan produk baru bernama Enviplast, kantong makanan yang bahan bakunya terbuat dari singkong.

Hal tersebut disampaikan dalam Culinary Talk dalam rangkaian kegiatan Food and Hotel Indonesia 2022 yang berlangsung di Jiexpo Kemayoran, Selasa (26/07/22).

Lanny Tjahjono selaku Sales & Marketing General Manager Enviplast menyebutkan bahwa kantong berbahan singkong ini dapat digunakan untuk mengemas bahan masakan hingga makanan siap saji.

Menurut Lanny, kantong makanan berbahan singkong memiliki kelebihan. Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa kantong ini sangat ramah lingkungan.

Baca Juga: Kantong Plastik Dilarang, Ini Tanggapan Para Penjual di Pasar Muara Karang

Sampah plastikSampah plastik sulit terurai di tanah. Foto: Getty Images/iStockphoto/Irina Tiumentseva

"Kalau dibakar, nanti kantong yang berbahan singkong akan menjadi abu seperti kertas. Berbeda dengan kantong plastik, ketika dibakar akan memicu lelehan," tuturLanny.

Jika pun tak sengaja terbuang di sungai, dan dimakan oleh binatang itu tetap aman. Selain ramah lingkungan, Lanny juga menyebutkan bahwa kantong makanan berbahan singkong bisa menahan aroma makanan.

Itu karena kantong tersebut tinggi akan oksigen barrier. Jadi, aroma makanan yang dikemas menggunakan kantong berbahan singkong, aromanya tidak akan menembus keluar.

"Misalnya bau durian ya yang tajam banget, kalau dibungkus pakai kantong ini, aromanya gak akan kecium dari luar," lanjut Lanny.

Selain itu, kantong ramah lingkungan ini memiliki tekstur yang melar, sehingga bisa digunakan berulang-ulang kali sampai kantongnya benar-benar rusak.

Baca Juga: Singkong dan Rumput Laut Bisa Diolah Jadi Kantong Plastik Ramah Lingkungan



Simak Video "Jaga Kelestarian Lingkungan Lewat #GerakanSapuPlastik"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT