ADVERTISEMENT

Empuk Lembut Sate Domba Sakub, Tak Kalah dari Sate Balibul!

Imam Suripto - detikFood
Senin, 18 Jul 2022 13:15 WIB
Sate domba sakub di Brebes.
Foto: Imam Suripto/detikJateng
Brebes -

Di Brebes ada kuliner sate kambing yang lebih murah dibanding sate balibul, namun rasanya tak kalah mantap! Sate ini dibuat dari domba jenis sakub yang dagingnya besar-besar.

Sate domba atau kambing bawah lima bulan (balibul) di Brebes dan Tegal identik dengan harga mahal, sekitar Rp 100 ribu hingga Rp 130 ribu per kodi (20 tusuk). Kalau mau yang lebih murah tapi enak, ada alternatif baru yang bisa dicoba.

Sate domba sakub, namanya. Sate ini berasal dari daging domba sakub yang merupakan hasil persilangan domba texel, sulfok, merino ,dan domba lokal. Domba ini memiliki ukuran lebih besar dibanding domba pada umumnya.

Sebagai perbandingan, domba sakub usia 3 bulan bisa berbobot 26 kg. Jumlah ini jauh lebih banyak dibanding domba lain dengan umur yang sama dimana beratnya hanya sekitar 15 kilogram.

Sate domba sakub di Brebes.Domba sakub di Brebes memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dan daging yang empuk lembut. Foto: Imam Suripto/detikJateng

Baca Juga: Sate Pak Rebing: Sate dan Gulai Domba Legendaris di Empang Bogor Sejak 1942

Atas dasar inilah, peternak domba sakub bernama Mujib ikut tertarik mengembangkan bisnisnya. Ia membuka warung sate domba sakib yang berlokasi di jalan utama menuju obyek wisata Kebun Teh Kaligua dan Telaga Renjeng, Brebes.

Warga Desa Kretek, Kecamatan Paguyangan ini menyebut penggunaan domba sakub memungkinkan ia menjual harga sate lebih murah dibanding sate kambing atau sate domba pada umumnya.

Per 20 tusuknya hanya Rp 90 ribu. "Kalau di pantura Brebes dan Tegal itu kan rata rata diatas Rp 100 ribu. Malah ada yang Rp 130 ribu per kodi. Kalau disini Rp 90 ribu saja. Kenapa murah karena kami mendapatkan dombanya juga tidak mahal mahal banget. Umur sama dengan domba lokal tapi kandungan dagingnya lebih banyak domba Sakub," beber Mujib.

Baca Juga: Intip Resep Sate Kambing Empuk-Antiprengus dari Warung Pak Bustaman

Domba sakub di kaki Gunung Slamet Brebes bobotnya bisa lebih dari 100 kg, Rabu (6/7/2022).Daging domba sakub mulai banyak diolah sebagai sate domba. Foto: Imam Suripto/detikJateng

Domba sakub punya ciri khas tersendiri. Selain bongsor, daging yang dikandung sangat banyak. Rasa daging domba ini juga lembut, empuk, dan sama sekali tidak alot. Aroma prengus pada daging ini bisa dikatakan tidak ada sama sekali.

Penikmat sate kambing pernah membuktikan sendiri kelezatan sate domba sakub. Ia mengatakan tekstur maupun rasanya tak kalah enak dari sate balibul khas Tegal.

Bagaimana komentarnya? Baca artikel selengkapnya DI SINI.

Baca Juga: Menjajal Sate Domba Sakub di Brebes, Enak Mana Dibanding Balibul?



Simak Video "30 Tahun Berdiri, Kios Sate Ini Selalu Ramai Pembeli"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT