ADVERTISEMENT

50 Resep dan Tips Olahan Daging Kurban

Cara Membuat Sate Kambing Empuk dan Tidak Prengus dari Sate Pak Bustaman

Yenny Mustika Sari - detikFood
Sabtu, 09 Jul 2022 11:30 WIB
Sate Pak Bustaman: ada sate kambing dan sop sumsum nikmat.
Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari
Jakarta -

Sate kambing selalu jadi primadona hidangan Idul Adha. Penjual sate kambing berikan cara membuat sate kambing empuk dan tidak prengus. Mudah diikuti.

Saat mendapatkan jatah daging kurban berupa daging kambing, biasanya diolah menjadi sate. Kelezatan sate kambing bisa dirasakan dari dagingnya yang empuk dan aromanya tidak prengus.

Firdaus yang mengelola Sate Pak Bustaman di Jakarta Pusat memberikan beberapa tips membuat sate kambing empuk pada detikFood (6/7). Mulai dari bumbu marinasi daging hingga penyajiannya.

Baca Juga: Sate Pak Bustaman: Empuk Maknyus! Sate dan Sop Sumsum Kambing yang Super Gurih

Berikut cara membuat sate kambing empuk dan tidak prengus:

1. Mengiris tipis daging kambing

Cara membuat sate kambing ala penjual sate di Warung Pak BustamanCara membuat sate kambing ala penjual sate di Warung Pak Bustaman Foto: Getty Images/iStockphoto

Firdaus menjelaskan kalau tekstur empuk daging kambing bisa didapatkan dari jenisnya. Warung Sate Pak Bustaman sendiri menggunakan daging kambing muda, sehingga tekstur dagingnya juga lembut.

Namun karena usia kambing yang disembelih harus berusia minimal 12 bulan (1 tahun), maka teksturnya tentu saja tidak seperti kambing muda. Firdaus tidak menyarankan dilumuri dengan nanas parut, karena akan merusak cita rasa dari daging kambing.

"Kalau pakai nanas itu nantinya tidak enak. Beda dong rasanya, kalau ditambah nanas itu rasanya jadi ngga original lagi. Terus rasa dagingnya bisa jadi asem," jelas Firdaus kepada detikFood.

Untuk mengempukkan daging kambing Firdaus menyarankan memotong daging kambing menjadi irisan lebih tipis. Lebih baik dibungkus daun pepaya dibandingkan dilumuri nanas yang dapat merusak cita rasa.

2. Direndam bumbu

Sebelum sate kambing dibakar, sebaiknya daging dimarinasi dengan bumbu terlebih dahulu. Sebenarnya bisa langsung dibakar tanpa bumbu, tapi rasanya akan hambar.

"Kalau kita biasa pakai bumbu celupan. Supaya rasanya jadi lebih enak, ada bumbu yang keluar saat digigit," kata Firdaus.

Warung Pak Bustaman memakai bumbu kecap manis. Sate akan dicelupkan ke bumbu kecap terlebih dahulu, baru setelah itu dibakar di atas arang panas. Setelah setengah matang, dicelupkan kembali ke bumbu kecap manis tersebut dan dipanggang lagi sampai sekitar 15 menit.

Baca Juga: Bolehkah Membagikan Daging Kurban Kepada Non Muslim? Ini Kata MUI

Simak Video '30 Tahun Berdiri, Kios Sate Ini Selalu Ramai Pembeli':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT