Pertama di Indonesia, Bisa Belanja Produk Lokal dengan Teknologi Metaverse

Riska Fitria - detikFood
Jumat, 24 Jun 2022 14:15 WIB
Pasarina by Ranch Market
Foto: detikcom
Jakarta -

Di supermarket ini bisa menikmati sensasi berbelanja dengan teknologi metaverse. Menawarkan produk lokal, salah satunya jajanan jadul.

Berbelanja di supermarket selain menjadi kebutuhan, juga sudah menjadi bagian gaya hidup. Apalagi kini banyak supermarket premium yang menawarkan produk-produk berkualitas.

Biasanya supermarket premium menawarkan produk impor. Namun, supermarket premium Pasarina by Ranch Market ini justru mengedepankan produk lokal unggulan berupa hasil bumi segar dan boga bahari.

Pasarina by Ranch Market baru saja membuka store pertamanya di Sarinah, Jakarta Pusat. Menariknya lagi, supermarket ini menawarkan sensasi berbelanja dengan teknologi metaverse.

Baca Juga: Bisa Belanja dan Jajan Enak di Supermarket dengan Fasilitas Nyaman

Pasarina by Ranch MarketMarina Suwarni, CMMO PT SBL di opening Pasarina by Ranch Market Foto: detikcom

Pengalaman berbelanja di Pasarina ini merupakan yang pertama di Indonesia, menawarkan sensasi berbelanja menggunakan teknologi metaverse dengan produk-produk lokal unggulan.

"Sebagai pionir brand metaverse di Indonesia, di Pasarina masyarakat akan merasakan exciting new experience lewat interaksi digital menggunakan teknologi artificial intelligence," ujar Marina Suwarni, CMMO PT SBL.

Ada tiga fitur yang bisa digunakan, yakni Guidebot sebagai penuntun pengunjung secara one on one untuk mengetahui lokasi dan promosi terbaik produk yang diinginkan.

Kemudian ada QR Code untuk menuntun pengunjung pada informasi produk dan Gamification untuk memberikan proses belanja baru yang menarik dalam dunia digital melalui games.

Pasarina by Ranch MarketPasarina by Ranch Market menggunakan teknologi metaverse Foto: detikcom

Jadi, pertama scan QR Code yang tersedia di pintu masuk Pasarina. Nanti akan diarahkan membuka kamera pada gadget yang dipakai pengunjung.

Pengunjung hanya perlu mengarahkan kamera ke segala produk yang dijajakan di sana. Nanti akan muncul informasi seputar produk tersebut. Selain itu, pengunjung juga bisa diarahkan tempat produk yang diinginkan melalui kamera metaverse tersebut.

Dengan begitu, pengunjung akan mengetahui letak produk yang diinginkan. Kemudian, pengunjung juga akan mendapat info mengenai promo menarik saat men-scan produk menggunakan kamera metaverse.

Pasarina sendiri mengusung konsep Tradisional Meet Modern, produk lokal akan disandingkan dengan produk-produk impor pilihan.

Baca Juga: Viral di Medsos, Supermarket Korea Ini Punya Produk Makanan Super Komplet

Pasarina by Ranch MarketJajanan jadul di Pasarina by Ranch Market Foto: detikcom

Beberapa contoh produk lokal yang tersedia adalah aneka teh, kecap, bumbu, jamu, cokelat dan lainnya. Di sini ada cokelat asal Kupang, NTT dengan cita rasa dan kemasan berkualitas.

Yang tak kalah unik, di Pasarina juga menawarkan aneka jajanan jadul tahun 90-an. Mulai dari permen rokok, cokelat, rambut nenek, permen kaki dan masih banyak lagi.

Dengan menawarkan produk unggul dari seluruh pelosok Indonesia, Pasarina mengajak masyarakat untuk mengenal produk sekaligus mengetahui lebih dalam tentang daerah asal produk tersebut.

"Apa yang ditawarkan Pasarina dapat mengobati rasa kangen akan produk boga lokal bagi penduduk Jakarta yang merupakan yang merupakan melting pot dari berbagai daerah di Indonesia," tutup Marina.

Baca Juga: 6 Supermarket Premium yang Populer di Jakarta, Pernah Mampir?



Simak Video "Bikin Laper: Gurih Manis Ayam Bakar yang Lagi Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)