Ngopi Yuk!

Seru! Di Dekat Borobudur Bisa Belajar Soal Kopi Luwak di Kafe Ini

Eko Susanto - detikFood
Rabu, 22 Jun 2022 07:00 WIB
Pawon Luwak Coffee
Foto: Inkana Putri/detikcom
Magelang -

Kopi luwak adalah salah satu produk kopi unggulan Indonesia. Kamu bisa mempelajari seluk beluk kopi luwak di kafe dekat Candi Borobudur ini.

Menyebut kopi unik di Indonesia, banyak yang langsung teringat kopi luwak. Kopi ini spesial karena biji kopinya berasal dari kotoran luwak! Proses ini dianggap sebagai fermentasi yang membuat aroma dan rasa kopi luwak unik.

Setelah diambil dari kotoran luwak, biji kopi tentu saja melalui serangkaian proses pengolahan seperti dicuci, dikeringkan, dikupas, disangrai, hingga akhirnya bisa diseduh. Soal rasa, banyak pencinta kopi yang menyebut kopi luwak terasa sedikit manis dan tidak asam.

Konon jejak pahitnya tak terlalu terasa dan memiliki clean aftertaste. Tapi rasa ini bisa berbeda pada kopi luwak yang didapat dari luwak penangkaran dan luwak liar. Rasa kopi dari luwak liar konon lebih enak.

Pawon Luwak Coffee di Kabupaten Magelang. Foto diunggah pada Minggu (19/6/2022).Pawon Luwak Coffee di Kabupaten Magelang menawarkan edukasi soal kopi luwak. Foto: Eko Susanto/detikJateng

Kopi luwak tersedia di banyak daerah Indonesia, salah satunya di Magelang. Di kabupaten Jawa Tengah ini bahkan ada kafe yang secara khusus mengajak pengunjung belajar sekaligus menikmati kopi luwak.

Kafe tersebut adalah Pawon Luwak Coffee yang berlokasi di Dusun Brojonalan, Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur. Di sini pengunjung bisa berinteraksi dengan 7 hewan luwak yang ada di penangkaran.

Baca Juga: Kopi Burung Jacu, Minuman Eksotis dari Kotoran Burung Asal Brasil

"Akhir tahun 2013, Pawon Luwak Coffee mulai beroperasi. Jadi kita buka warung kopi, tetapi bukan warung kopi seperti kopi pada umumnya, tetapi kopi asli Indonesia yang diakui internasional. Nah ketemu kopi luwak," kata pemilik Pawon Luwak Coffee, Prana Aji, saat ditemui detikJateng, Rabu (15/6/2022).

Pawon Luwak Coffee di Kabupaten Magelang. Foto diunggah pada Minggu (19/6/2022).Proses pengolahan kopi luwak di Pawon Luwak Coffee . Foto: Eko Susanto/detikJateng

Aji mengatakan kopi luwak istimewa karena asli Indonesia dan terkenal di dunia internasional, tapi sayang masih belum banyak orang tahu soal kopi ini. Karenanya ia tertarik membuat kafe yang bisa memberi edukasi kopi luwak pada pengunjung.

"Kita terangkan kepada tamu yang ke sini itu. Kita terangkan dari awal proses display kopi di depan itu. Awal kopi itu seperti apa dimakan luwak itu bagaimana terus kotorannya itu seperti apa di situ ada semua sampai binatang pun (luwak) ada di belakang sana. Nah itu yang kita sampaikan kepada para pengunjung bahkan prosesnya juga bisa dilihat sangrai, bikin kopinya," katanya.

Baca Juga: Lebih Dulu Dimakan Luwak, Bagaimana Rasa Biji Kopi yang Dijual Mahal Ini?

kopi luwak di pawon coffee luwakSecangkir kopi luwak yang baru diseduh. Foto: Eko Susanto/detikcom

Di Pawon Luwak Coffee tersedia dua jenis kopi yaitu arabika dan robusta. Per bungkusnya dijual dengan harga cukup berbeda. Arabika Rp 400 ribu per bungkus, sedangkan robusta Rp 250 ribu.

Untuk kopi luwak yang dijual di sini diambil dari kebun kopi langsung. Pawon Luwak Coffee mengandalkan kebun kopi di Temanggung yang berbatasan dengan Wonosobo.

Pawon Luwak Coffee juga punya agenda menarik bagi turis domestik maupun mancanegara soal edukasi kopi luwak. Lihat artikel selengkapnya DI SINI.

Baca Juga: Ini Dia Tempat Nyeruput Kopi Luwak di Dekat Borobubur



Simak Video "Menikmati Cita Rasa Kopi Khas Magelang di Candi Borobudur"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)