Lembut Manis Roti 'Pawa' Makassar Isi Kacang-Gula Merah, Sudah Coba?

ADVERTISEMENT

Lembut Manis Roti 'Pawa' Makassar Isi Kacang-Gula Merah, Sudah Coba?

Jihaan Khoirunnissa - detikFood
Kamis, 16 Jun 2022 14:28 WIB
Instagram.com/Talyakitchen
Foto: Instagram.com/Talyakitchen
Jakarta -

Roti merupakan hidangan yang dikonsumsi masyarakat di seluruh dunia. Setiap negara bahkan memiliki roti tradisional dengan ciri khas masing-masing yang berbeda.

Salah satunya anpan. Roti manis dari jepang yang diisi dengan kacang merah. Bentuknya kecil, sehingga sering dijadikan camilan untuk mengganjal perut. Selain Jepang, ternyata Indonesia juga punya roti dengan isian kacang merah yang tak kalah nikmat. Namanya roti pawa yang merupakan makanan khas suku Bugis di Makassar.

Sekilas, bentuk roti pawa mirip dengan bakpao. Namun ukurannya lebih kecil. Pemilik Talya Kitchen Rasma mengatakan roti pawa biasanya memiliki isian kacang maupun kelapa gula merah.

"Pawa itu roti yg dikukus bentuk bulat dengan isian kacang dan isian kelapa gula merah," katanya kepada detikcom.

Diketahui, roti pawa merupakan salah satu menu signature di Taylakitchen. Tak hanya kacang dan kelapa gula merah, kedai ini juga memiliki berbagai varian rasa roti pawa lainnya. Mulai dari cokelat, keju, hingga pawa ayam ala Korea. Harga 1 buah roti pawa hanya Rp 5 ribu saja.

Selain roti pawa, di sini kamu juga bisa menemukan camilan lainnya, seperti panada ikan tuna, roti goreng cokelat lumer, dan kroket kentang. Informasi selengkapnya bisa langsung kunjungi laman Instagram @talyakitchen.

Rasma mengatakan usaha kuliner rumahannya ini sudah berdiri sejak tahun 2015. Saat ini sekitar 150 kue laku terjual setiap hari.

"Tidak banyak, hanya 100-150 buah/hari. (Yang laris itu) pawa, roti goreng coklat dan keju, panada, lumpur surga," tuturnya.

Diakui Rasma, selama pandemi bisnis Talya Kitchen sempat mengalami kesulitan. Hal ini lantaran harga bahan baku yang melonjak. Namun ia bersyukur bisa melewati masa-masa pandemi. Menurutnya penjualan dan promosi dengan memanfaatkan platform online cukup membantu.

Selain menggencarkan penjualan via Instagram dan GoFood, dia pun mengikuti program pengembangan bisnis kuliner dari detikcom dan Kraft Heinz Food Service, yakni 'Kembangkan Bisnis Kulinermu'.

"(Acaranya) sangat bermanfaat dan sangat membantu. Semoga (usaha saya) bisa sukses ke depan," ungkapnya.



Simak Video "Ciptakan Inovasi untuk Hadirkan Peluang Baru Usahamu"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT