ADVERTISEMENT

Hanya Ada di Buleleng! Ikan Terbang Sudang Lepet yang Gurih Mantap

Made Wijaya Kusuma - detikFood
Rabu, 15 Jun 2022 12:30 WIB
Kuliner Khas Desa Sangsit Sudang Lepet.
Foto: Made Wijaya Kusuma/detikBali
Buleleng -

Bali punya banyak kuliner khas yang menggugah selera. Di Desa Sangsit, Buleleng, ada sudang lepet yang hanya bisa ditemui di sana. Olahan ikan terbang ini gurih nikmat!

Mengunjungi Buleleng bukan hanya bisa menikmati wisata air terjun yang keren, melainkan juga kulineran enak. Mampirlah ke Desa Sangsit, Kecamatan Sawan untuk menemukan kuliner khas yang hanya ada di desa itu.

Kuliner ini terkenal di kalangan foodies dan kerap jadi incaran. Salah satunya sudang lepet yang merupakan olahan ikan terbang layaknya ikan asin. Ikan yang didapat berasal dari perairan Madura.

Selintas tampilannya mirip ikan asin tipis yang digoreng garing. Warga lokal menjagokan hidangan ini karena rasanya asin, gurih, dan nikmat. Teksturnya juga renyah dan pas disantap bersama nasi panas.

Sudang lepet semakin nikmat saat disajikan bersama bumbu tambahan seperti perasan jeruk nipis dan minyak Bali tandusan. Warga lokal juga kerap menambahkan racikan sambal matah yang pedas segar.

Sudang lepet dan jukut undis khas Buleleng, BaliSudang lepet dan jukut undis khas Buleleng, Bali. Foto: Instagram kayana_foods

Ada juga pelengkap sudang lepet yang tak boleh dilewatkan. Namanya jukut undis yang juga merupakan kuliner khas Desa Buleleng.

Baca Juga: Jaen! Ini 5 Nasi Campur Paling Enak di Bali yang Wajib Dicoba

Jukut undis dibuat dari kacang hitam atau sering disebut kacang gude atau kacang Bali. Kacang ini kemudian dimasak jadi sup dengan tambahan kaldu sapi dan beragam bumbu serta rempah.

"Kalau pakai jukut undis iya lebih mantap, di sini kan memang terkenalnya sudang lepet sama jukut undis. Sudang lepet biasanya digoreng dulu, baru dikasi jeruk nipis, sama lengis Bali tandusan (minyak tradisional Bali). Ditambahin sambal juga enak, sambal matah biasanya," kata Luh Cahyani, saat ditemui di warungnya yang bernama Sari Mina Ayu, di Jalan Raya Sangsit Beji, Jumat (10/6/2022).

Sudang lepet dan jukut undis khas Buleleng, BaliSudang lepet paling enak dinikmati bersama nasi hangat dan sambal matah. Foto: Instagram tempat.id

Ia menyebut sudang lepet dan jukut undis layaknya hidangan berpasangan yang selalu ada saat acara spesial seperti pernikahan. Luh Cahyani mengatakan, "Kalau di Sangsit itu memang terkenal sudang lepet dan jukut undis, itu biasanya dipakai lauk, sama kalau ada kegiatan juga di sini seperti kawinan dan lain sebagainya, selalu pakai sudang lepet sama jukutnya itu pakai jukut undis, untuk menunya."

Membuat sudang lepet ternyata butuh proses yang cukup panjang. Mulai dari mencuci bersih ikan, merendam, menjemur, memanggang, hingga menumbuknya.

Meski begitu, kuliner nikmat ini masih dijajakan dengan harga terjangkau. Berapa harganya? Baca artikel sudang lepet, selengkapnya DI SINI.

Baca Juga: Gurihnya Sudang Lepet Khas Buleleng, Berbahan Dasar Ikan Terbang



Simak Video "Laris Manis Laklak Biu Men Bayu Khas Tabanan"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT