Dimsum Cake Aneka Topping, Alternatif Kue Unik dengan Rasa Gurih

Erika Dyah - detikFood
Selasa, 17 Mei 2022 16:35 WIB
Instagram/dapur.mama.mimi
Foto: Instagram/dapur.mama.mimi
Jakarta -

Kue ulang tahun atau birthday cake yang selama ini dikenal di masyarakat umumnya memiliki cita rasa manis dengan banyak lapisan krim di atasnya. Namun kini, ada berbagai macam kue dengan cita rasa gurih yang tak kalah menarik untuk disajikan dalam berbagai momen spesial.

Salah satu kue unik dengan cita rasa gurih yang kini banyak ditemui adalah Dimsum Cake. Berbagai jenis dimsum aneka isian akan disusun bertingkat menyerupai kue ulang tahun, lalu bisa ditambahkan hiasan sesuai perayaan hari spesialmu. Adapun salah satu usaha kuliner yang menjual kue unik ini adalah Dapur Mama Mimi, usaha rumahan milik Ira Maria di Lampung.

Dimsum yang dijual Ira untuk cake unik ini memiliki aneka varian topping dan dibuat dengan dimsum premium berisi campuran ayam dan udang. Adapun topping yang bisa kamu pilih antara lain topping jamur, sayuran, crab stick, sosis, dan lainnya.

Ira mengaku usaha kulinernya ini dimulai ketika masa pandemi. Ia yang berprofesi sebagai guru harus mengajar dari rumah dan memiliki waktu lebih luang dari biasanya.

"Di sela-sela waktu mengajar online saya luangkan waktu untuk bereksplorasi dengan membuat kuliner yang awalnya saya konsumsi bersama keluarga di rumah dan saya bagikan kepada kerabat dekat. Alhamdulillah hasil karya saya mendapatkan masukan yang positif dan mereka menyemangati saya untuk mencoba menjualnya," ungkap Ira kepada detikcom.

Namun kini, seiring kondisi pandemi di Tanah Air yang mulai membaik, Ira pun harus menyesuaikan kembali bisnis yang ia jalani agar bisa berjalan sama baiknya dengan pekerjaan utama sebagai seorang guru. Karena memiliki keterbatasan waktu yang tak lagi fleksibel, Ira pun mengakali bisnis yang ia jalani dengan membagi waktu dan menyesuaikan produk jualannya.

"Saat ini saya berjualan menu-menu sarapan yang bisa dibuat subuh dan ready di jam 7 pagi, seperti nasi goreng oriental, spaghetti, burger, nasi uduk, dan spring roll. Jadi saya bisa berangkat mengajar setelah selesai membuat orderan," jelasnya.

Untuk menu Dimsum Cake sendiri, ia membuatnya berdasarkan pesanan saja. Sehingga, pembeli harus memesan terlebih dahulu (Pre-Order) paling lambat H-1. Selain itu, Ira juga menjual berbagai menu frozen, seperti ayam ungkep, pempek, dan dimsum dalam bentuk frozen yang bisa diorder kapan saja dengan kisaran harga Rp30-Rp55 ribu saja.

"Dengan berjualan makanan frozen menjadi salah satu solusi buat saya yang berdagang sambil mengajar," tambahnya.

Ira mengaku kondisi pandemi tak terlalu berdampak signifikan terhadap perjalanan usahanya. Sebab, usaha kuliner ini dimulai dari rumah dan hanya menggunakan pengiriman online untuk pemesanan. Serta tidak melayani makan di tempat. Ia pun mengatakan bahan-bahan pokok yang digunakan bisa didapatkan dengan mudah dengan cara membeli online.

Kendati demikian, ia terus berupaya mengembangkan usahanya salah satunya dengan mengikuti program pengembangan bisnis kuliner dari detikcom dan Kraft Heinz Food Service bernama 'Kembangkan Bisnis Kulinermu'. Ira mengaku mengikuti program ini agar usahanya dapat lebih berkembang dan dikenal banyak orang.

"Program ini sangat menarik memberikan kesempatan luar biasa kepada pengusaha UMKM untuk dapat lebih luas berkembang. Harapan saya dalam mengikuti program ini adalah dapat lebih berkembang dan mendapatkan dukungan dalam mengelola usaha saya," pungkasnya.

(ads/ads)