Tempat Makan Bakso

Bakso Balungan Jumbo Khas Lumajang Ini Semangkuk Rp 70 Ribu, Bikin Auto Ngiler

Nurhadi Wicaksono - detikFood
Minggu, 15 Mei 2022 15:30 WIB
bakso iga
Foto: dok. detikFood
Lumajang -

Bakso daging sapi yang satu ini cocok buat penggemar bakso. Berupa bakso balungan porsi jumbo, harganya Rp 70 ribu semangkuk. Sikat yuk!

Bakso sapi sudah banyak dibuat variasi. Ada yang dibuat dengan isian cabe, dibentuk ukuran jumbo dengan isian bakso kecil, dibalut dengan iga, dibentuk tumpeng hingga kuburan. Selain banyak penggemar juga banyak sensasinya.

Penjual bakso kreatif dan populer juga bisa ditemui di Lumajang, Jawa Timur. Di sana ada kedai bakso balungan jumbo. Lokasinya di jalur Lumajang-Malang, tepatnya di kawasan Pasirian. Tak hanya bisa menikmati gurihnya bakso, kamu juga akan disuguhi balungan atau iga sapi yang empuk dan nikmat.

Bakso balungan jumbo LumajangBakso balungan jumbo Lumajang Foto: Nurhadi Wicaksono/detikJatim

Uniknya bakso balungan jumbo ini dimasak secara tradisional. Balungan sapi berdaging yang sudah dicampur dengan bumbu spesial direbus dalam dandang besar di atas tungku kayu bakar. Proses merebusnya pun dilakukan selama 2 jam sehingga teksturnya dagingnya jadi empuk dan mudah dikunyah.

Setelah daging balungan empuk benar, baru disajikan bersama bakso daging sapi. Saat libur lebaran yang lalu penjualan bakso naik drastis hingga dua kali lipat.

"Untuk proses masaknya, balungan direbus selama 2 jam di atas tungku sehingga teksturnya empuk. Dalam sehari bisa terjual 50 sampai 70 porsi balungan jumbo," ujar Agung kepada detikJatim, Minggu (15/5/2022).

Rasa bakso balungan jumbo ini gurih enak, apalagi daging diselipan tulang sapinya empuk juicy. Kaldunya bening dengan rasa dan aroma daging sapi yang kuat. Karenanya digemari para pelanggan. Tak heran, warung ini selalu ramai pembeli.

bakso iga balunganIlustrasi bakso iga balungan Foto: dok. detikFood

"Rasanya gurih banget kaldunya enak dan mantap. Saya baru pertama kali ini, untuk harganya terjangkau dengan kualitasnya," ujar salah satu pembeli Kanza.

Hal yang sama disampaikan Agus. Dia mengaku menjadi pelanggan setia karena rasa bakso yang nikmat, namun harganya murah.

"Bakso dengan tulangan ini mantap, saya setiap ke Pasirian mampir ke sini harganya harga rakyat rasanya konglomerat," ujar Agus.

Untuk menikmati seporsi bakso balungan jumbo ini, pengunjung perlu menyiapkan uang sebesar Rp 70.000. Dijamin puas dan kenyang!



Simak Video "Meski di Gang Sempit, Bakso Tulang Ayam Ini Laris Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)