ADVERTISEMENT

Gurih Mantap! Sego Berkat Asal Kulon Progo Ini Harganya Rp 8 Ribuan

Jalu Rahman Dewantara - detikFood
Senin, 25 Apr 2022 11:33 WIB
Ke Kulon Progo Wajib Jajan Sego Berkat Pare Anom
Foto: Sayoto Ashwan

Sego berkat laris manis saat ramadan hingga jelang lebaran

Penjualan Sego Berkat Pare Anom Bu SPA kian laris pada ramadan tahun ini. Dalam sehari mereka bisa menjual 300 paket nasi. Mayoritas merupakan pesanan untuk menu buka puasa.

Kalau di sini paling banyak pesanan-pesanan ya. Itu untuk bulan puasa seperti ini itu ada buat buka puasa 50, 100 minimal sehari pasti ada. Kemudian kalau weekend itu bisa 300-400," ungkap Desti.

Desti menuturkan antusiasme masyarakat membeli sego berkat sebagai menu berbuka puasa memang tinggi. Apalagi jelang lebaran saat ini, di mana sudah banyak warga perantauan yang pulang kampung ingin menikmati kuliner khas tersebut.

Proses pembuatan Sego Berkat di Outlet Sego Berkat Pare Anom Bu SPA, Temon, Kulon Progo, DIY.Proses pembuatan Sego Berkat di Outlet Sego Berkat Pare Anom Bu SPA, Temon, Kulon Progo, DIY. Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikJateng

"Jadi untuk bulan puasa antusias masyarakat membeli sego berkat buat buka puasa sangat bagus. Jadi untuk buka puasa baik di masjid maupun orang yang saudaranya datang dari luar kota banyak yang pake buat buka puasa. Kadang juga tidak hanya sego berkat. Mereka tambah sayur-sayurnya," ucapnya.

Diprediksi pesanan sego berkat akan makin meningkat jelang Lebaran yang tinggal sepekan lagi. "Kemungkinan akan naik, apalagi pas lebaran besok, karena kita juga buka untuk mengakomodir pengunjung dari luar kota," jelas Desti.

Sementara itu salah satu konsumen Sego Berkat Pare Anom Bu SPA, Sarjini, mengaku membeli sego berkat sebagai menu berbuka puasa untuk dihidangkan kepada kerabatnya yang baru pulang kampung. "Ini buat buka bersama untuk menjamu saudara yang datang dari luar kota," kata Sarjini.

Sarjini menuturkan, alasan ia memilih sego berkat karena ini merupakan makanan khas Kulon Progo. Sedangkan saudaranya sudah lama tidak makan makanan tersebut. Makanan ini semacam obat rindu setelah lama tinggal di perantauan.

"Karena sego berkat itu udah makanan khas dari daerah Jogja. Rasanya juga khas apalagi kalau dari jati itu rasanya agak manis pedas gitu," ungkapnya.

Jika berminat mencoba Sego Berkat Pare Anom Bu SPA, tak perlu khawatir kantong jebol. Sebab harganya cukup terjangkau. Untuk paket varian dasar, misalnya hanya dibanderol Rp 8.000.

Sedangkan jika tambah ayam potong maupun telur di kisaran Rp 11.000-16.000. Bila ingin memesan paket Ingkung atau ayam utuh, harga yang dipatok kisaran Rp 100.000.

Selain bisa ditemukan di wilayah Karangwuluh, Kapanewon Temon, Kulon Progo, Sego Berkat Pare Anom Bu SPA ini juga bisa ditemui di dalam kawasan Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), tepatnya di lantai Mezzanine dekat Stasiun Kereta Api Bandara.

Baca Juga: Mencicipi Gurihnya Sego Berkat Berbalut Daun Jati Khas Kulon Progo



Simak Video "Gurih Nikmat Sego Berkat Berbalut Daun Jati"
[Gambas:Video 20detik]

(yms/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT