ADVERTISEMENT

Tajin Lemak, Bubur Kaldu Sapi Gurih Khas Bangkalan yang Nikmat Buat Buka Puasa

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Selasa, 19 Apr 2022 12:30 WIB
Tajin Lemak
Foto: Kamaluddin
Bangkalan -

Masyarakat Indonesia gemar makan bubur sebagai takjil. Dari Bangkalan, Madura ada bubur gurih bernama tajin lemak yang populer sebagai menu takjil. Ini keistimewaannya.

Bubur manis maupun gurih kerap disantap orang Indonesia saat berbuka puasa. Kondisi bubur yang hangat, teksturnya yang lembut, dan isiannya yang lengkap membuat bubur jadi menu takjil favorit.

Dari Bangkalan, Madura ada bubur gurih yang kerap muncul saat ramadan. Namanya tajin lemak yang diolah dengan berbagai rempah dan bumbu.

Ciri khas lainnya, tajin lemak dikemas menggunakan daun pisang sehingga tercium aroma harum yang nikmat. Untuk bahan utamanya, tajin lemak harus dibuat menggunakan kaldu sapi.

"Harus menggunakan kaldu daging sapi, karena disitulah rasa 'lemak'nya akan keluar," ujar salah satu penjual tajin lemak, Nur Hayati kepada detikJatim, Minggu (17/4/2022).

Lemak yang dimaksud di sini bukan lemak gajih, melainkan kata sifat yang berasal dari bahasa Madura, artinya gurih. Tajin lemak lalu disajikan bersama acar mentimun, mi kuning, serta cabai atau sambal.

Baca Juga: Aneka Ragam Bubur yang Hanya Ada Saat Ramadan, Mana Favoritmu?

Penjual juga kerap memasukkan potongan daging berukuran kecil agar rasa bubur itu semakin nikmat.

Nur mengatakan, dirinya hanya menjual tajin lemak saat ramadan. Ia mengakui permintaan tajin lemak sangat meningkat, bahkan penjualannya menembus 70 porsi setiap hari selama ramadan.

"Setiap hari selalu habis, karena memang banyak pembeli," imbuh Nur.

Salah satu pencinta tajin lemak, Husnul mengatakan bahwa dirinya selalu membeli kuliner ini untuk berbuka puasa. Ia mengatakan bubur gurih ini lezat dan cocok untuk mengganjal perut.

"Saya bersama keluarga membeli hampir setiap hari," tutur dia.

Selain bulan ramadan, tajin lemak juga bisa ditemui saat bulan muharram. Namun, sebutannya adalah tajin peddhis. Sajiannya pun sedikit berbeda dengan tajin lemak. Tajin peddhis ditambahkan potongan telur dadar, udang, dan potongan cabai merah besar.

Baca Juga: Gurihnya Tajin Lemak, Kuliner Takjil Khas Bangkalan



Simak Video "Kastangel hingga Putri Salju Paling Banyak Diburu Jelang Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT