Es Tawon Kidul Dalem Malang yang Segar Manis Ini Cocok Buat Buka Puasa

Muhammad Aminudin - detikFood
Senin, 04 Apr 2022 16:15 WIB
Es Campur Legendaris di Malang; Es Tawon Kidul Dalem sudah berusia 65 tahun.
Foto: detikFood / Luthfi Baihaqy
Malang -

Buka puasa paling enak menyegarkan dahaga dengan segelas es campur. Dari Malang, ada Es Tawon Kidul Dalem yang legendaris sejak 1955. Rasanya manis segar dan isiannya lengkap!

Es campur khas Malang ini kerap disebut Es Tawon. Dijajakan di Jalan Zainul Arifin, Kecamatan Klojen, Kota Malang, es ini memiliki sejarah yang panjang.

Penjualnya bisa dibilang legendaris karena sudah eksis sejak tahun 1955. Adalah Yaminah, wanita yang pertama kali menjajakan Es Tawon.

Dulunya, Yaminah berjualan dengan gerobak di kawasan Kidul Dalem, Kota Malang. Sepeninggal Yaminah, usaha ini diteruskan oleh menantunya, Sri Utami sejak tahun 1996.

Es Campur Legendaris di Malang; Es Tawon Kidul Dalem sudah berusia 65 tahun.Es Tawon Kidul Dalem khas Malang ini sudah ada sejak 1955. Foto: detikFood / Luthfi Baihaqy

Es Tawon sejatinya adalah es campur. Sri pun menceritakan asal muasal nama Es Tawon pemberian sang suami.

"Dulu jualannya pakai gerobak di bawah pohon asem, terus banyak tawon. Makanya banyak yang bilang es tawon. Akhirnya suami saya buat spanduk dengan tulisan es tawon," papar Sri saat ditemui, Senin (4/4/2022).

Kedai es ini menjual menu utama es campur. Seporsi es campur disajikan dalam gelas berisi cincau hitam, tapai, kacang hijau, alpukat, dan mutiara. Lalu diberi serutan es batu dan siraman sirup merah khas Es Tawon.

Ada juga menu es kacang hijau yang memiliki isian mutiara, kacang hijau, dan alpukat. Tentunya juga ditambah es serut dan siraman sirup merah dari gula khas Es Tawon. Cocok sekali untuk menu berbuka puasa yang bisa melepas dahaga.

Es Campur Legendaris di Malang; Es Tawon Kidul Dalem sudah berusia 65 tahun.Es Tawon Kidul Dalem berisi cincau hitam, tapai, kacang hijau, alpukat, dan mutiara lalu disiram sirup merah. Foto: detikFood / Luthfi Baihaqy

Baca Juga: Dingin Segar! Es Santan Ketan Hitam Tanimbar yang Legendaris

"Dulu awalnya jual es kacang hijau alpukat, terus sekarang ada beberapa macam es," ungkap Sri.

Menurut Sri, sirup gula khas Es Tawon dibuat sendiri. Ia menggunakan resep turun-temurun yang masih dipertahankan hingga saat ini.

"Kata orang, rasa es di sini tidak berubah dari dulu. Sirup di sini buat sendiri, dari gula murni tanpa campuran," papar ibu tiga anak itu.

Dalam sehari, mereka bisa menjual hingga 100 porsi es. Penjualannya bukan hanya es campur dan es kacang hijau.

Di Es Tawon, pembeli juga menikmati menu lain seperti es kacang hijau alpukat, es kacang tape, es kacang hijau, es kacang hijau ketan hitam, dan bubur kacang hijau. Semua menu dijual dengan harga Rp 8 ribu per porsinya.

Baca Juga: Slurp...! Segernya Es Tawon Kidul Dalem Malang Cocok untuk Berbuka



Simak Video "Kastangel hingga Putri Salju Paling Banyak Diburu Jelang Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)