Gurih Mantap! Telur Asin Asap, Oleh-oleh Nikmat dari Kisaran

Perdana Ramadhan - detikFood
Kamis, 24 Mar 2022 14:15 WIB
Telur Asin Asap yang berada di Kota Kisaran, Kabupaten Asahan, Sumut.
Foto: Perdana Ramadhan
Kisaran -

Telur asin identik sebagai oleh-oleh khas Brebes, tapi kota Kisaran di Asahan juga punya olahan telur asin nikmat. Berupa telur asin asap yang gurih mantap.

Telur asin dibuat dengan fermentasi garam. Biasanya berasal dari telur bebek. Mengonsumsi telur asin memiliki banyak manfaat kesehatan karena nutrisi.

Di kota Kisaran, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, ada sebuah tempat produksi telur asin bebek yang diasapkan. Selain memiliki kandungan gizi seperti vitamin A, vitamin C, kalsium, fosfor, ternyata telur asin asap punya keunggulan lain. Telur asin ini bisa tahan lebih lama dan enak dikonsumsi meski telah disimpan satu bulan.

Nama lokasinya Omah Telur 49. Terletak di Jalan Besar Sei Renggas, Kecamatan Kisaran Barat. Pemilik usaha bernama Madi mengatakan, telur asin asap buatannya ini lebih awet dan memiliki rasa lebih asin.

"Proses pengasapannya menggunakan batok kelapa kurang lebih selama 5 hingga 6 jam. Diletakkan dalam tong khusus," kata Madi saat berbicang dengan detikfood, Minggu (20/3/2022).

Telur Asin Asap yang berada di Kota Kisaran, Kabupaten Asahan, Sumut.Proses pengasapan telur asin menggunakan tong dan memerlukan waktu hingga 6 jam. Foto: Perdana Ramadhan

Proses pembuatan telur asin memang bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun untuk membuat telur asin asap ini, membutuhkan kesabaran serta wadah khusus pengasapan.

"Kalau telur bebeknya yang kita olah itu masih segar karena pelihara sendiri. Telur yang dalam kondisi mentah itu terlebih dahulu dibersihkan kemudian di diamkan dalam wadah air garam kurang lebih selama satu minggu," kata dia.

Kemudian, telur yang sudah difermentasikan ke dalam larutan garam tadi direbus. Tahap selanjutnya untuk membuat telur asin asap, rebusan telur dimasukkan ke dalam wadah tong khusus. Usahakan kondisi telur tidak dalam kondisi pecah atau retak karena nantinya dapat merusak rasa jika sudah selesai diasapkan.

Telur Asin Asap yang berada di Kota Kisaran, Kabupaten Asahan, Sumut.Telur asin asap dijual Rp 6 ribu per buah, bisa tahan 1 bulan lamanya. Foto: Perdana Ramadhan

"Jadi kita tidak pakai api, tapi membiarkan asapnya ini ada di dalam tong. Satu tong ini bisa muat 200 butir," jelas dia.

Karena kerumitan pembuatannya, sebutir telur asap ini dijual seharga Rp 5.000. Sementara telur asin biasa Rp 4.000. Dalam satu pekan, Madi mengaku bisa memproduksi hingga 400 butir telur asap. Ia menjualnya ke sejumlah tempat termasuk melalui lapak dagangan online.

"Selain jual di sini, kita juga pasarkan melalui online. Peminatnya sampai pulau Jawa juga. Telur ini awet, tahan hingga 1 bulan jadi tidak perlu khawatir dengan lamanya perjalanan pengiriman," kata dia.

Telur Asin Asap yang berada di Kota Kisaran, Kabupaten Asahan, Sumut.Omah Telur 49 juga menjual telur asin asap via online. Foto: Perdana Ramadhan

Heri Handoko, salah seorang warga yang mencoba mencicipi telur asin asap tersebut mengatakan rasanya enak dan lebih asin. Lebih gurih karena masih beraroma panggangan asap dengan tekstur cangkang telur yang hitam.

"Kuning telurnya matang, bau amis telur juga tidak terasa jika dibandingkan dengan telur asin biasa," kata dia.



Simak Video "Icip-icip Bakso Ikan Telur Asin Ahan Khas Pontianak"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)