ADVERTISEMENT

Nyamm! Kenyal-kenyal Gurih Kikil Sapi Bakar Jumbo dari Lumajang

Nurhadi Wicaksono - detikFood
Kamis, 10 Mar 2022 15:00 WIB
kikil sapi bakar
Foto: Nurhadi
Lumajang -

Kikil sapi bisa diolah jadi beragam hidangan tradisional enak. Dari Lumajang, kamu bisa mencicipi sedapnya kikil sapi jumbo yang dibakar dengan bumbu gurih. Nikmat!

Tekstur kikil yang kenyal lembut membuat banyak orang menggemari hidangan berbahan kaki sapi ini. Salah satu yang terkenal adalah tunjang alias gulai kikil khas Minang.

Ada juga sate kikil yang kenyal-kenyal gurih. Sate kikil umumnya diberi bumbu kunyit sehingga warnanya kuning terang. Sate kikil biasanya jadi menu pelengkap sajian cungkring khas Bogor.

Tapi tahukah kamu kalau kikil sapi juga enak dimasak dengan cara dibakar utuh hingga matang sempurna? Kuliner ini bisa kamu temui di Lumajang, tepatnya Kecamatan Pasirian.

Di sini ada sebuah warung yang menyajikan kikil berukuran jumbo. Kikil itu dimasak dengan dibakar secara tradisional. Ukuran kikilnya benar-benar besar, rasanya bisa disantap dua orang!

Warung kikil bakar tersebut milik Muhammad Agung. Untuk menikmati seporsi kikil bakar jumbo, kamu hanya perlu menyiapkan uang sebesar Rp 65 ribu. Tersedia juga kikil ukuran biasa yang dibanderol Rp 35 ribu.

Agung menjelaskan cara pembuatan kikil tersebut. Pertama, kikil sapi dibersihkan dan diberi bumbu khusus lalu direbus.

Baca Juga: Resep Tumis Kikil Cabe Ijo Petai yang Kenyal Gurihnya Bikin Nagih

Proses merebus kikil jumbo secara tradisional bisa memakan waktu 5-6 jamProses merebus kikil jumbo secara tradisional bisa memakan waktu 5-6 jam Foto: Nurhadi via Screenshot 20 detik

Proses merebus kikil ini dilakukan secara tradisional menggunakan kayu bakar. Proses ini memakan waktu 5-6 jam hingga teksturnya empuk.

"Saat matang, kikil diolesi kecap dan dibakar di atas arang sekitar 5 menit. Kikil Bakar Jumbo pun siap untuk disantap," ujar Agung kepada detikJatim Selasa (8/3/2022).

Pelanggan yang mencicipi menu itu mengakui bahwa Kikil Bakar Jumbo itu bertekstur empuk dan rasanya gurih. Tak heran, warung ini selalu ramai pembeli. Dalam satu hari, 25 kilogram kikil habis terjual.

"Kikilnya empuk dan mudah dipotong. Saya sering ke sini bersama teman kantor," ujar salah satu pembeli, Yuaniari.

Baca Juga: Olahan Kikil Sapi Bakar Jumbo Ini Empuk dan Mantul!



Simak Video "Bikin Laper: Sate Kikil Cungkring Rekomendasi Ncess Nabati"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT