Lahir di Tengah Pandemi, Pizza ASANAM Tawarkan Berbagai Macam Rasa

Erika Dyah Fitriani - detikFood
Kamis, 03 Feb 2022 09:05 WIB
Pizza ASANAM
Foto: dok. Instagram.com/asanam.corner
Jakarta -

Dampak pandemi dirasakan oleh hampir setiap kalangan. Kendati demikian, tantangan di tengah pandemi ini juga membuka jalan baru bagi sepasang suami istri di Tambun Selatan, Bekasi yang mulai memiliki usaha kuliner di tengah pandemi.

Di tengah pandemi, Ellysa Septiana dan sang suami membuka usaha kuliner rumahan yang diberi nama ASANAM. Ellysa mengatakan usaha ini dimulai karena dampak pandemi yang membuat tempat kerja sang suami harus ditutup dan tidak diperkenankan beroperasi.

"Membuat suami saya harus dirumahkan. Awalnya masih dapat gaji beberapa persen. Tapi lama-lama nggak dapat gaji sama sekali meski statusnya masih karyawan," ungkap Ellysa kepada detikcom.

Berawal dari cobaan tersebut, ia pun memutuskan untuk membantu suami memenuhi kebutuhan keluarga dengan membuka usaha kuliner rumahan.

"Dengan berjualan Pizza Homemade bikinan saya sendiri. Kemudian sekarang berkembang dengan adanya beberapa menu lain, seperti Banana Nugget dan Kebab Pisang," jelasnya.

Menu homemade pizza yang ia tawarkan memiliki varian beragam. Mulai dari Pizza Sosis Keju, Beef Bolognese Melt, Beef Black Pepper, Tuna Pedas, dan Tuna Mayo. Selain itu, ia juga memiliki beragam varian topping untuk menu Banana Nugget miliknya, seperti Tiramisu, Strawberry, Blueberry, dan Cokelat.

Pizza ASANAMPizza ASANAM Foto: dok. Instagram.com/asanam.corner

Untuk penjualan, ia memaksimalkan pemasaran secara online melalui media sosial, seperti WhatsApp, Facebook dan Instagram.

"Kemudian jika ada pemesanan kami antarkan langsung ke rumah pemesan. Kami juga memasarkan melalui merchant penjualan kuliner online, seperti GoFood dan Grabfood," ujarnya.

Ellysa mengaku usaha rumahannya ini bisa mendapatkan omzet sekitar Rp 2-2,5 juta per bulannya dengan menjual 200-350 pcs produk. Ia pun terus berupaya mengembangkan usaha agar dapat meningkatkan penjualan, sebab ASANAM kini menjadi satu-satunya sumber pendapatan keluarga.

Adapun cara yang ia tempuh salah satunya dengan mengikuti program pengembangan kuliner 'Kembangkan Bisnis Kulinermu' dari detikcom dan Kraft Heinz Food Service. Ia berharap, dengan mengikuti program ini pihaknya dapat mengembangkan bisnis kuliner dan membuat usahanya dikenal banyak orang.

"Harapannya ke depan juga bisa merekrut karyawan dan juga membuka franchise, sehingga bisa membuka lapangan kerja dan membantu perekonomian lebih banyak orang," pungkasnya.



Simak Video "Perusahaan di Bangkok Bikin Pizza dengan Topping Ganja"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)