Berawal dari Coba-coba, Wanita Ini Kini Tekuni Bisnis Pizza Rumahan

Nada Zeitalini - detikFood Kamis, 27 Jan 2022 07:46 WIB
Pizza Palm Foto: Instagram/@pizzapalm
Jakarta -

Pizza merupakan salah satu makanan khas Italia yang kini sudah mendunia. Makanan berbahan dasar roti dengan pemberian berbagai topping daging dan sayuran ini memang punya rasa lezat. Wajar saja jika makanan ini disukai berbagai kalangan mulai dari orang tua hingga anak-anak.

Di Indonesia, pizza sudah menjadi salah satu makanan yang bisa ditemui hampir di seluruh kota-kota besar. Ada beberapa restoran pizza yang telah lama hadir dan dikenal masyarakat Indonesia serta telah memiliki gerai hampir di setiap kota di Indonesia. Namun ada pula bisnis-bisnis lokal yang menjual pizza ala rumahan.

Salah satunya adalah bisnis Pizza Palm milik Amrih Rahayu. Berawal dari coba-coba membuat pizza di rumah, ternyata pizza buatannya disukai suami dan anak-anaknya. Tidak sampai di situ, pizza buatan Amrih juga disukai anak-anak tetangga rumahnya. Dari sanalah ia mendapatkan inspirasi untuk menjual pizza buatannya.

"Awalnya coba-coba bikin pizza di rumah, eh ternyata suami dan anak-anak bilang enak. Kemudian bikin dibagikan ke anak-anak tetangga ternyata cocok juga," ujar Amrih kepada detikcom.

"Lalu, coba-coba promosi via story WA, ternyata teman-teman dan kolega banyak yang pesan," tambahnya.

Bisnis pizza milik Amrih yang dijual secara online ini melayani pemesanan di sekitar daerah Sukoharjo, Solo, dan sekitarnya. Ia mengakui bahwa bisnis pizzanya ini terjual kurang lebih 20-30 pan per bulan. Amrih menjelaskan omzet yang didapatkannya pun belum terlalu besar, masih berkisar ratusan ribu rupiah atau kurang dari Rp 1 juta setiap bulannya.

Akan tetapi selama pandemi bisnisnya cukup stabil, meski beberapa pelanggan yang mulai jarang memesan namun tetap berdatangan pelanggan barunya. Begitu pula dengan metode penjualan, ia juga masih konsisten berjualan melalui online.

Menariknya, untuk meningkatkan bisnis rumahan milikinya, Amrih mengikuti program 'Kembangkan Bisnis Kulinermu' yang diadakan oleh detikcom bekerja sama dengan Kraft Heinz Food Service. Ia ingin mencari berbagai pengalaman baru serta ilmu mengenai strategi pemasaran. Menurutnya program tersebut menarik dan memberi banyak informasi seputar bisnis.

"Menarik sekali, tambah pengalaman dan tambah informasi," tuturnya.

Melalui program tersebut Amrih berharap bisa mengembangkan bisnisnya. Dengan ilmu dan pengalaman yang didapatkannya ia juga berharap bisa membuat bisnisnya semakin maju dan dikenal.



Simak Video "Ciptakan Inovasi untuk Hadirkan Peluang Baru Usahamu"
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/ega)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com