Tren Frozen Food Kian Dilirik, Ini Kata Pelaku Usaha Barunya

Erika Dyah - detikFood Kamis, 27 Jan 2022 09:47 WIB
Udang Frozen Food Foto: Instagram/tsukiji.ebi
Jakarta -

Bisnis frozen food saat ini kian dilirik oleh para pelaku usaha dan juga semakin diminati oleh masyarakat. Hal itu disebabkan masa pandemi yang membuat orang kerap mencari makanan yang memiliki masa simpan panjang dan praktis untuk diolah sendiri di rumah.

Bisnis ini pun dinilai tak terlalu rumit dan bisa dilakukan oleh pemula sekalipun. Adapun salah satu pelaku usaha yang melek akan peluang bisnis frozen food ini ialah pria asal Surabaya bernama Christopher Randy Surya yang memanfaatkan peluang frozen food di tengah pandemi untuk memulai usaha.

Ia mengatakan bisnis kulinernya yang dinamai Tsukiji.ebi dimulai ketika pandemi mulai mewabah di Indonesia, tepatnya kisaran bulan Mei 2020.

"Pada saat awal pandemi menyerang, saya melihat ada peluang di mana kebanyakan masyarakat akan mencari produk makanan frozen food karena masa simpannya yang panjang dan penyajiannya yang praktis. Dengan demikian masyarakat tidak perlu bingung dan repot menyediakan makanan di rumah," ungkap Christopher kepada detikcom.

Uniknya, Christopher fokus menawarkan produk frozen food olahan udang di bisnis miliknya. Beberapa produk yang ia tawarkan antara lain Frozen Ebi Katsu, Frozen Ebi Furai, Mini Ebi Furai, Irodori (udang, surimi, tahu, dan edamame), dan Manmaru (udang, surimi, tahu).

"Sejak saat itu Tsukiji.ebi telah berhasil menjual ratusan hingga ribuan produk ebi katsu dan ebi furai ke masyarakat Surabaya," tuturnya.

Menurutnya, pandemi tidak begitu membawa dampak buruk kepada bisnis miliknya. Sebab, bisnis ini memang ia dirikan dengan memanfaatkan kesempatan yang ada di masa pandemi ini.

Bahkan, berkat penjualannya yang terus meningkat, ia pun memutuskan untuk membeli sebuah freezer baru dengan kapasitas lebih besar supaya produk yang dapat disimpan semakin banyak.

Ia juga memanfaatkan pemasaran melalui media sosial untuk mempromosikan usahanya. Tak hanya itu, kanal media sosial juga menjadi saluran untuknya memberi informasi seputar tips memasak (cooking tips) serta fun fact mengenai produk miliknya.

Untuk terus mengembangkan usahanya, Christopher pun mengikuti program pengembangan bisnis kuliner salah satunya yang diselenggarakan oleh detikcom dan Kraft Heinz Food Service bertajuk 'Kembangkan Bisnis Kulinermu'.

Christopher menilai webinar yang disediakan sungguh memberikan insight baru kepada dirinya yang masih baru dalam dunia bisnis FnB.

"Saya mendapatkan berbagai ilmu baru yang dibawakan oleh pakar yang sudah lama berkecimpung di bisnis ini," katanya.

"Semoga saya dapat menerapkan ilmu yang sudah saya dapat dan bisnis saya dapat semakin berkembang ke arah yang lebih baik," imbuhnya.



Simak Video "Resep Bakso dan Pangsit Udang untuk Hidangan saat Ramadan"
[Gambas:Video 20detik]
(ncm/ega)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com