Dari Hobi Jadi Rezeki, Kue Kering Produksi Rumahan Ini Banjir Pesanan

Dea Duta Aulia - detikFood
Minggu, 23 Jan 2022 13:10 WIB
Ilustrasi Kue Kering
Foto: Dok. Shutterstock

Menurutnya, upayanya untuk berwirausaha berdasarkan hobinya menjadi berkah tersendiri. Ia mengatakan, Raya Cookies mampu menjual 2-5 toples kue kering per bulan dan Terang Bulan Agus 70 bungkus per bulan.

Tri menjelaskan dalam menjalankan bisnis kuliner tidak hanya selalu merasakan manisnya saja. Namun, ia kerap mendapatkan sejumlah tantangan dalam menjalankan bisnisnya.

Hal yang begitu dirasakan olehnya yakni ketika pandemi COVID-19 melanda. Pendapatan Tri mengalami penurunan imbas dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Pandemi sangat berdampak pada usaha saya, khususnya untuk usaha Terang bulan saya, yang biasanya per hari bisa 2kg (sekitar 12 bungkus) sekarang per hari hanya 3-5 bungkus itupun tak pasti. Dan untuk kue kering saya yang biasanya banyak orderan untuk lebaran,sekarang berkurang, karena ada PPKM dan larangan mudik saat hari raya," katanya.

Meskipun begitu, semangatnya untuk mengembangkan bisnis kuliner tidak padam begitu saja. Tri terus mencoba berinovasi dengan merambah masuk ke platform digital agar menjangkau lebih banyak lagi konsumen.

Tak hanya itu, ia juga mengikuti pengembangan usaha 'Kembangkan Bisnis Kulinermu' dari detikcom bersama Kraft Heinz Food Service. Program tersebut sengaja digelar oleh detikcom dan Kraft Heinz Food Service untuk mendukung usaha kuliner Tanah Air agar bisa naik kelas.

"(Kembangkan Bisnis Kulinermu) Sangat bermanfaat sekali untuk usaha saya,dan saya bisa mendapatkan rekan dan link serta ilmu yang lebih banyak lagi untuk jalannya usaha saya," katanya.

Melalui program ini, ia berharap agar omset kembali normal dan bisnisnya terus berkembang lebih besar lagi.

"Harapan saya,usaha saya bisa banyak dikenal di berbagai kalangan masyarakat dan bisa kembali bangkit lagi," tutupnya.


(akd/ega)