Surga Kuliner Kaki 5 di Belakang GI, Seblak hingga Nasi Bebek

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 21 Jan 2022 16:30 WIB
Nasi Bebek Cak Heri Foto: detikfood
Jakarta -

Makan enak dan murah di pusat Jakarta bukan hal mustahil, apalagi lokasinya di kawasan mal elite. Di antara Grand Indonesia (GI) dan Plaza Indonesia (PI), berjejer ratusan penjual makanan kaki lima yang menarik dicoba!

Membicarakan kawasan kuliner kaki lima di Jakarta dan sekitarnya seperti tak ada habisnya. Salah satunya kawasan ini yang viral beberapa waktu terakhir. Viralnya bahkan masih sampai sekarang karena lokasinya amat strategis dan pilihan makanannya sangat banyak.

Adalah pusat jajanan kaki lima di belakang Grand Indonesia dan Plaza Indonesia yang jadi sorotan. Lokasi tepatnya di Jalan Kebon Kacang, Jakarta Pusat. Kawasan ini begitu 'hidup' di sore hingga malam hari.

Jajan Rp 30 Ribu di Sekitar Grand Indonesia Bisa Dapat 5 Makanan Enak IniDeretan penjual makanan di belakang Grand Indonesia dan Plaza Indonesia Foto: detikfood

Pantauan detikfood (11/1/2022), setidaknya ada lebih dari 100 penjual makanan kaki lima yang memadati kawasan ini. Mereka menempati seluruh sisi-sisi jalan. Tak jarang jadinya 'mengambil' jalur yang seharusnya dipakai untuk jalan kendaraan.

Jenis makanan yang ditawarkan sangat beragam. Dari satu kios yang menempel satu sama lain, kami mengamati beberapa jajanan dan makanan populer.

Mulai dari bakso Malang, aneka olahan penyet dan bakaran, soto ayam, mie ayam, nasi liwet, dan banyak lainnya. Lalu ada camilan manis dan gurih seperti takoyaki, otak-otak, tahu goreng, pisang goreng, tahu jeletot bakwan pontianak, hingga pisang cokelat lumer.

Semua makanan ini dijual dengan harga murah meriah karena sasaran utamanya para pegawai mal dan masyarakat sekitar. Harganya mulai dari Rp 1.000an saja per makanan.

Namun berkat harga murah ini, banyak pengunjung mal akhirnya jadi tertarik datang ke pusat jajanan ini. Tak sedikit juga yang mengkhususkan diri datang jauh-jauh demi jajan di sini.

Surga Kuliner Kaki 5 di Belakang GI, Seblak hingga Nasi BebekBakso Malang Gangsar jadi salah satu tempat yang diburu pencinta kuliner kaki lima di belakang GI Foto: detikfood

Dari sekian banyak penjual makanan yang ada, beberapa menarik perhatian detikfood karena keramaian pengunjung dan menu yang ditawarkan. Salah satunya Bakso Malang Gangsar yang ramai pembeli di dua tempatnya di sana.

Uniknya jarak antar tempat itu tidaklah berjauhan, namun tiap tempat ternyata memiliki pelanggan masing-masing. Mereka memburu kelezatan semangkuk bakso Malang hangat seharga mulai dari Rp 16 ribu saja.

Selain bakso Malang, ada juga Oddi Seblak yang ramai peminat. Kisah penjual seblak ini sempat amat viral di media sosial karena didirikan aktor FTV, Oddi Dermawan. Seblak ini sempat dicicipi Raffi Ahmad dan Nagita Slavina sehingga makin laris manis.

Surga Kuliner Kaki 5 di Belakang GI, Seblak hingga Nasi BebekOddi Seblak menjual seblak komplet seharga Rp 15 ribu saja Foto: detikfood

Bukan hanya sosok penjualnya yang menarik perhatian, melainkan juga racikan seblaknya yang gurih pedas dan mantap! Seblak ini terdiri dari berbagai pilihan topping. Harganya mulai dari Rp 10 ribuan saja.

Mau cari yang nikmat mengenyangkan? Di pusat jajanan kaki lima Grand Indonesia dan Plaza Indonesia ada nasi bebek Cak Heri yang resepnya dibuat orang Madura asli. Nasi bebek ini jadi menu makan siang dan malam favorit banyak pegawai mal.

Nasi bebek dibanderol mulai dari Rp 20 ribu dengan pilihan bebek original dan pedas. Potongannya lumayan besar dengan bumbu gurih yang meresap.

Saat mau ngemil manis, kamu bisa mencicipi jajanan roti panggang unik di sini. Namanya Roti Penyet OTS yang menghadirkan menu roti dipenyet hingga gepeng lalu dipanggang.

Surga Kuliner Kaki 5 di Belakang GI, Seblak hingga Nasi BebekRoti Penyet OTS, salah satu jajanan manis di pusat jajanan kaki lima belakang GI Foto: detikfood

Jajanan roti panggang kekinian ini diberi aneka topping klasik maupun modern. Pilihannya ada selai blueberry, strawberry, Nutella, Skippy, Ovomaltine, hingga Cheesy Nutella. Harganya mulai dari Rp 7.500 saja lho!

Nah, semua informasi jajanan enak dan murah meriah di pusat jajanan kaki lima belakang Grand Indonesia dan Plaza Indonesia ini bakal detikfood ungkap di Street Food 101 akhir pekan ini. Tentu saja bisa jadi rekomendasi untuk kamu yang mau berburu makanan di sini!



Simak Video "Surga Kuliner Kaki Lima di Belakang Grand Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com