ADVERTISEMENT

Deppa Tori, Camilan Gurih Legit Khas Mamasa Sulbar

Abdy Febriady - detikFood
Senin, 10 Jan 2022 13:30 WIB
Deppa Tori, Camilan Gurih Legit Khas Mamasa Sulbar
Foto: Abdy Febriady
Mamasa -

Warga Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat punya camilan khas yang gurih nikmat. Namanya Deppa Tori yang terbuat dari tepung beras dan tepung ketan lalu dicampur gula merah cair.

Tidak sulit menemukan keberadaan penjual kue khas Mamasa ini. Salah satunya terletak di Toko Al Ikhlas, Jl Ahmad Yani, Kelurahan Mamasa, Kabupaten Mamasa.

Pemilik toko, Hj Nuraeni (63 tahun) mengatakan usaha pembuatan kue Deppa Tori telah digeluti sejak dulu. Usaha ini bahkan dimulai bersamaan dengan terbentuknya Kabupaten Mamasa pada tahun 2002. Untuk melayani permintaan warga, dalam sehari ia menghabiskan sedikitnya 5 sampai 10 liter tepung beras bercampur tepung ketan.

"Sudah sejak terbentuknya kabupaten (Mamasa). Dalam sehari biasa habis sampai sepuluh liter, tergantung pesanan," ujar Nuraeni kepada detikcom di rumahnya, Sabtu siang (08/01/2022).

Deppa Tori, Camilan Gurih Legit Khas Mamasa SulbarHj Nuraeni siap menggoreng adonan Deppa Tori, camilan khas Mamasa Foto: Abdy Febriady


Diakui Nuraeni, aktivitas pembuatan kue Deppa Tori mulai dilakukan dini hari, dibantu beberapa anaknya. "Saya buat, biasanya setelah salat subuh, sudah mulai menggoreng. Saya dibantu empat anak," ungkapnya.

Tingginya permintaan warga akan kue tradisional ini kerap membuat Nuraeni kewalahan. Apalagi menurutnya, banyak warga yang memasan kue Deppa Tori miliknya karena awet.

"Biasa kewalahan, banyak yang pesan, soalnya tahan lama, bisa sampai satu bulan. Yang penting proses pengemasannya dilakukan saat kue sudah dalam kondisi dingin,"jelasnya.

Deppa Tori, Camilan Gurih Legit Khas Mamasa SulbarDeppa Tori, cemilan khas Mamasa yang terbuat dari beras ketan. Rasanya gurih-legit Foto: Abdy Febriady

Menurut Nuraeni, sebelumnya untuk kue Deppa Tori dijual seharga Rp 50 ribu per kilogram. Namun karena melambungnya harga minyak goreng, ia terpaksa menaikkan harga kue Deppa Tori menjadi 60 ribu rupiah per kilogram.

Proses pembuatan kue Deppa Tori cukup mudah. Pertama, tepung beras dan tepung beras ketan diberi sedikit air, kemudian dicampur bersama gula merah yang telah dicairkan, lalu diaduk hingga membentuk adonan.

Setelah itu, adonan dibentuk menjadi pipih dengan cara dipukul-pukul menggunakan telapak tangan. Untuk memberikan rasa gurih, permukaan adonan ditaburi wijen.

Adonan itu nantinya diiris menjadi potongan kecil, lalu digoreng dalam minyak panas hingga berubah warna menjadi cokelat kehitaman. Jika warnanya sudah begitu, kue Deppa Tori berarti sudah matang dan siap disantap.

Salah satu warga setempat, Fadli mengaku senang menyantap kue khas Mamasa ini. Selain nikmat, rasanya juga gurih di lidah.

Deppa Tori, Camilan Gurih Legit Khas Mamasa SulbarDeppa Tori, camilan khas Mamasa, lebih nikmat kalau diseruput bersama kopi Foto: Abdy Febriady


"Luar biasa rasanya, patut untuk direkomendasikan. Kenyal-kenyal gurih di lidah serta ada manis-manisnya," kata Fadli sembari menyantap kue Deppa Tori.

Fadli juga mengaku, rasa kue Deppa Tori terasa lebih enak jika dinikmati bersama secangkir kopi panas apalagi saat kondisi cuaca dingin.

"Kue Deppa Tori memang sudah sering kita nikmati bersama kalau di Mamasa, lebih nikmat lagi kalau diseruput bersama kopi, rasanya luar biasa," terang pria berkaca mata ini.

Nah, bagi kamu yang penasaran dengan kenikmatan kue khas Deppa Tori, jangan lupa mampir membelinya di pusat oleh-oleh saat berkunjung ke Mamasa!



Simak Video "Gurih Kenyal, Ini Deppa Tori Camilan Khas Mamasa Sulbar"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT