Menikmati Getuk Nyimut yang Empuk Renyah dan Murah di Lereng Muria

Dian Utoro Aji - detikFood Senin, 10 Jan 2022 11:30 WIB
Getuk Nyimut Khas Kudu, Jawa Tengah Foto: detikcom/Dian Utoro Aji
Kudus -

Pergi ke Kabupaten Kudus, Jawa Tengah rasanya kurang pas kalau belum mencicipi getuk nyimut. Apalagi menikmati jajanan khas Kota Kretek ini berada di lereng Gunung Muria.

Kudus bukan hanya kondang dengan jenang manisnya. Tetapi ada jug agorengan dari singkong bernama getuk nyimut. Jajanan murah meriah ini ada di Desa Kajar Kecamatan Dawe. Lokasinya berjarak 17 kilometer atau sekitar 32 menit dari pusat Kota Kudus.

Di sana sepanjang jalan Kudus-Colo terdapat deretan warung berbentuk saung yang menjual jajanan getuk nyimut . Kawasan ini punya suasana adem, karena berada di Lereng Pegunungan Muria.

Salah satu yang menjual getuk nyimut adalah di warung Gubug Kopi Pandowo. Di sana terdapat berbagai varian getuk nyimut. Mulai dengan topping cokelat hingga getuk dengan paduan urap.

Baca juga: Nikmat dan Sehat! 'Chicken Wings' Plant-Based dan Es Kopi Susu Vegan Buatan Eath

Getuk Nyimut Khas Kudu, Jawa TengahGetuk Nyimut Khas Kudu, Jawa Tengah Foto: detikcom/Dian Utoro Aji

Tampilan getuk nyimut seperti bola-bola ubi, bulat dan digoreng kering. Ada yang disalut gula aren atau tanpa digoreng tetapi dipadukan dengan kelapa parut yang disebut getuk nyimut urap.

Bahan pembuat getuk nyimut sepeti getuk biasa, dari singkong atau ketela pohon yang dikupas, dipotong-potong lalu dikukus dan dilumatkan. Selanjutnya dibentuk bola-bola dan digoreng.

Salah satu pecinta kuliner Wulan mengaku baru pertama kali menikmati jajanan getuk nyimut. Dia memilih mencicipi getuk original dan getuk urap.

"Rasanya renyah enak, khas ketela pohon digoreng di dalam ada gulanya. Terus yang urap juga enak tanpa digoreng dicampur dengan gula," kata Wulan asal Semarang ditemui detikcom di lokasi, Sabtu (8/1/2022).

Baca juga: Kata Pebisnis Kopi Soal Tren Kopi Tahun 2022, Bakal Ada Kreasi Baru?

Getuk Nyimut Khas Kudu, Jawa TengahSeorang pengunjung mencicipi Getuk Nyimut Khas Kudu. Foto: detikcom/Dian Utoro Aji

Wulan pun mengaku terkesan setelah menikmati jajanan getuk. Apalagi di lokasi terdapat jajaran gazebo atau saung dan lokasinya di lereng Pegunungan Muria. Menurutnya hal tersebut menambah suasana nikmat untuk mencicipi jajanan getuk.

Sementara itu karyawan warung, Dwi Armita mengatakan di warungnya terdapat berbagai varian getuk nyimut. Di antaranya cokelat, crispy, ketela ungu, dan urap.

"Isiannya ada gula aren, sama gula pasir, ada getuk ketela ungu juga," kata Dwi ditemui di lokasi siang tadi.

Getuk nyimut yang berbentuk bola-bola ini rasanya empuk enak. Untuk getuk urap tidak digoreng, setelah singkong dilumatkan diberi parutan kelapa dan gula.

Satu porsi getuk berisi tujuh bola-bola dipatok harga Rp 10 ribu. Pembeli datang dari berbagai daerah luar Kudus. Seperti, Pati, Jepara, hingga ada dari Semarang. Di akhir pekan saat ramai pengunjung, mereka bisa menghabiskan 90 porsi getuk nyimut.

Baca juga: Salt Bae Kegirangan Setelah Restonya Disambangi Thibaut Courtois



Simak Video "Mangut Geger Sapi Ini Diklaim Bantu Tingkatkan Vitalitas!"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com