Kreatif! Pengusaha Ini Inovasikan Kue Tradisional Jadi Kekinian

Nada Zeitalini - detikFood Sabtu, 08 Jan 2022 11:55 WIB
Crazy Pukis Suroboyo Foto: Instagram/ carzypukis.suroboyo
Jakarta -

Makanan tradisional khas Indonesia memiliki berbagai cita rasa yang unik dan nikmat. Hanya saja, di zaman modern ini, eksistensi makanan tradisional mulai tergeser dengan berbagai makanan kekinian yang lebih disukai milenial.

Meski begitu, keberadaan makanan tradisional tentu saja tak boleh punah begitu saja. Hal ini lah yang dimanfaatkan oleh seorang pengusaha makanan Rifza Dwi Pramoedya. Rifza mendirikan bisnis kuliner tradisional kue pukis sejak bulan Mei 2021 lalu. Bisnis bernama Crazy Pukis Suroboyo ini menginovasikan kue pukis dengan berbagai topping yang menarik dan lezat.

"Awal mendirikan usaha saya mencoba memperkenalkan inovasi jajanan tradisional dengan mem-branding produk tersebut," tutur Rifza kepada detikcom.

Melalui inovasi tersebut, Rifza berharap bisnis kue pukisnya lebih diminati oleh banyak kalangan sehingga melestarikan jajanan kue tradisional Indonesia ini. Menariknya lagi, dari bisnis kue pukis kekinian ini ia bisa menjual kurang lebih 150 box per bulan dengan omzet kurang lebih Rp 4 jutaan.

Pandemi membuat bisnis kue pukis Rifza mengalami penurunan omzet. Namun lagi-lagi ia memberikan strategi unik pada bisnisnya yaitu promosi melalui foodvloger.

"Strategi saya mengundang foodvloger untuk membantu memperkenalkan produk saya," ujarnya.

Selain itu, Rifza juga ikut dalam program 'Kembangkan Bisnis Kulinermu' yang diadakan oleh detikcom bersama dengan Kraft Heinz Food Service untuk mendapatkan informasi bisnis yang lebih banyak lagi. Ada pun selama mengikuti program tersebut Rifza mengakui dirinya mengetahui lebih banyak cara mengembangkan bisnis kuliner. Ia pun berharap program ini terus memberikan banyak manfaat bagi pengusaha-pengusaha kuliner.

"Tetap mengadakan seminar sejenis dengan tema yang relevan dari seminar sebelumnya," tutupnya.



Simak Video "Ciptakan Inovasi untuk Hadirkan Peluang Baru Usahamu"
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/ega)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com