Industri Kerupuk Rumahan dan Racikan Kopi Khas Desa Tetebatu

Yenny Mustika Sari - detikFood Sabtu, 25 Des 2021 10:05 WIB
Kegiatan Harian Warga Desa Wisata Tetebatu. Mereka Bercocok Tanam hingga Memiliki Industri Kerupuk Rumahan. Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari
Jakarta -

Walaupun belum keluar sebagai pemenang Best Tourism Village dari UNWTO 2021, namun keindahan desa wisata Tetebatu perlu diacungi jempol. Intip keseharian warga Desa Tetebatu yuk!

Berkunjung ke Desa Wisata Tetebatu, Lombok Timur, NTB tak hanya dimanjakan dengan keindahan alamnya saja, tapi juga bisa memiliki pengalaman yang menyenangkan lewat keseharian yang dilakukan warga Desa Tetebatu.

Tim detikFood merasakan pengalaman tersebut bersama rekan rekan redaksi lainnya saat kami berkunjung ke Desa Wisata Tetebatu dalam rangkaian Toyota Corolla Cross Hybrid Road Trip Explore Mandalika (23/11).

Di Desa Wisata Tetebatu, kami disambut hangat oleh para warga di sana. Kami juga dapat berinteraksi langsung oleh para warga yang sedang melakukan aktivitas mereka.

Keseharian warga Desa Wisata Tetebatu ternyata banyak juga yang berkenaan dengan kuliner. Mulai dari bercocok tanam di kebun, memiliki industri rumahan kerupuk, hingga meracik kopi khas Tetebatu.

Baca Juga: Salah Tulis 'Done' Jadi 'Down', Penjual Pempek Ini Bikin Warganet Ngakak

Berikut 4 momen kuliner yang dapat kami temui di Desa Tetebatu.

1. Menanam Tomat

Kegiatan Harian Warga Desa Wisata Tetebatu. Mereka Bercocok Tanam hingga Memiliki Industri Kerupuk Rumahan.Kegiatan Harian Warga Desa Wisata Tetebatu. Mereka Bercocok Tanam hingga Memiliki Industri Kerupuk Rumahan. Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Sebagian besar mata pencaharian warga di Desa Wisata Tetebatu adalah bertani dan berkebun. Tak heran kalau Desa Wisata Tetebatu dikelilingi dengan panorama sawah yang terhampar indah.

Saat berkunjung ke Desa Wisata Tetebatu, kami diajak berkeliling pedesaan. Di sana kami melihat banyak warganya yang sedang bercocok tanam di kebun. Seperti yang dilakukan oleh seorang warga, terlihat ia sedang menanam tomat.

Tomat-tomat tersebut ditanam untuk dijual kembali ke warga maupun pasar. Buah tomatnya tampak segar dan berbuah besar.

2. Industri Rumahan Kerupuk

Kegiatan Harian Warga Desa Wisata Tetebatu. Mereka Bercocok Tanam hingga Memiliki Industri Kerupuk Rumahan.Kegiatan Harian Warga Desa Wisata Tetebatu. Mereka Bercocok Tanam hingga Memiliki Industri Kerupuk Rumahan. Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Tim detikFood juga melewati salah satu rumah warga yang menjadi tempat industri rumahan kerupuk tetepung. Kerupuk tetepung merupakan ciri khas dari Desa Wisata Tetebatu.

Dinamakan kerupuk tetepung karena bahan dasarnya menggunakan tepung terigu. Tepung terigu ini dicampurkan bumbu bawang putih, garam, merica, agar menghasilkan rasa yang gurih sedap.

Warga Desa Tetebatu masih membuatnya secara tradisional. Setelah menguleni adonan kerupuk, kemudian dibentuk bulat. Lalu, kerupuk tetepung yang masih basah dijemur hingga kering.

Menurut Razak pemandu Desa Wisata Tetebatu, kerupuk tetepung ini nantinya akan dijual dalam bentuk masih mentah. "Kerupuk tetepung ini nanti dijual setelah jadi. Biasanya ke kios-kios," ujar Razak kepada detikFood (23/11).

Baca Juga: Kocak! Begini Reaksi Komedian Usai 'Tertipu' Isian Roti Favorit

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bikin Laper: Cakalang Rica Suwir Pedas Khas Manado"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com