Berita Terpopuler

Larangan Minum Air Langsung dari Wadah hingga Menu Diet Conor McGregor

Tim Detikfood - detikFood Senin, 20 Des 2021 09:30 WIB
Rasulullah SAW Melarang Minum Air Langsung dari Wadah, Ini Maksudnya Foto: iStock
Jakarta -

Umat muslim dilarang minum langsung dari wadahnya. Diminta untuk kembalikan lauk saat makan di rumah makan Padang, dan menu diet ala Conor McGregor.

Rasulullah SAW melarang umat muslim untuk minum langsung dari dalam wadah. Wadah yang dimaksud ini adalah berupa kendi. Ada beberapa alasan yang melandasi larangan Rasulullah SAW ini.

Kemudian ada kisah haru yang dibagikan pengguna akun Twitter. Pengalaman saat makan di rumah makan Padang dan diminta untuk mengembalikan lauk karena harus berhemat ini dibagikan lewat media sosial. Kisahnya ini membuat banyak orang terharu.

Dan terakhir ada pelatih pribadi Conor McGregor yang membagikan menu diet atlet UFC ini. Menu diet ini diklaim ampuh membentuk massa otot sekaligus memberikan energi ekstra. Siapapun kini bisa mencontoh menu diet McGregor.

Berikut beberapa artikel DetikFood yang berhasil menyita perhatian pembaca (19/12).

1. Hukum bagi muslim yang minum langsung dari wadah

Rasulullah SAW Melarang Minum Air Langsung dari Wadah, Ini MaksudnyaRasulullah SAW Melarang Minum Air Langsung dari Wadah, Ini Maksudnya Foto: iStock

Rasulullah SAW sering memberikan contoh dan ajaran soal adab makan serta minum. Salah satunya adalah larangan untuk minum langsung dari wadahnya. Hal ini pernah disampaikan lewat sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Sa'iid Al-Khudriy ra:

"Rasulullah SAW melarang minum dari mulut siqa dan qirbah,".

Siqa adalah wadah air yang mempunyai mulut sehingga bisa meminum air langsung dari wadah itu atau yang disebut dengan kendi. Sementara qirbah adalah wadah air yang terbuat dari kulit.

Namun dijelaskan oleh Ustadz Khalid Basalamah hal ini tidak berlaku untuk wadah seperti botol minum. "Ini yang dimaksud adalah kendi. Kalau botol gak ada larangan," ujarnya.

"Karena kalau kendi kan biasanya ditaruh di meja makan dan itu untuk diminum orang rame-rame. Lalu kita minum dari mulut kendi, itu yang dilarang," tuturnya.

Baca juga: Rasulullah SAW Melarang Minum Air Langsung dari Wadah, Ini Maksudnya

2. Diminta kembalikan lauk saat makan di rumah makan Padang

Seorang netizen bernama Mouldie membagikan pengalamannya saat makan di rumah makan Padang bersama keluarganya. Saat itu ia yang masih duduk di bangku SMP diajak makan di rumah makan Padang namun kondisi ekonomi keluarganya sedang tidak baik.

Mouldie yang masih sangat remaja ini tidak paham soal hal ini. Ia makan sepuasnya dengan aneka lauk seperti rendang, telur dan cincang namun sang kakak meminta ia untuk mengembalikan lauk karena dianggap boros.

Kini setelah belasan tahun berlalu, sang kakak mengajak lagi untuk makan di rumah makan Padang yang sama namun bisa makan lauk sepuasnya. Cerita ini pun mengundang banyak perhatian netizen.

Baca juga: Disuruh Balikin Lauk Saat Makan Nasi Padang, Pengalaman Netizen Ini Bikin Haru

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bikin Laper: All You Can Eat Murah di Warung Bang Panjul"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com