Cicip Sate Lilit dan Pepes Tuna yang Lembut Berempah di Warung Ayu Lovina

Riska Fitria - detikFood
Minggu, 05 Des 2021 17:00 WIB
Cicip Sate Lilit dan Pepes Tuna yang Lembut Berempah di Warung Ayu Lovina
Foto: detikcom/Riska Fitria
Jakarta -

Restoran di Buleleng, Bali ini menawarkan aneka seafood dengan olahan tradisional. Mulai dari sate lilit hingga pepes yang kaya rempah.

Terkenal dengan laut dan pantainya, Bali juga memiliki kuliner serba seafood. Bahkan seafood tersebut diolah dengan gaya tradisional seperti yang ditawarkan oleh Warung Ayu Lovina di Buleleng, Bali.

Dalam rangkaian Ekspedisi 3.000 kilometer bersama Wuling, tim detikcom mampir ke restoran tersebut (09/11/21) untuk mencicipi kenikmatan aneka menu di sana.

Warung Ayu Lovina terbilang sederhana dengan interior yang didominasi dengan kayu-kayu. Sesuai dengan namanya, restoran ini merupakan milik wanita bernama Ayu.

Berikut fakta menarik soal Warung Ayu Lovina dan menu seafood buatannya yang spesial:

Baca Juga: 3 Bule Belanda Cicip Nasi Padang, Rendang Dapat Nilai Tertinggi!

1. Berdiri Tahun 2011

Cicip Sate Lilit dan Pepes Tuna yang Lembut Berempah di Warung Ayu LovinaCicip Sate Lilit dan Pepes Tuna yang Lembut Berempah di Warung Ayu Lovina Foto: detikcom/Riska Fitria

Salah satu pegawai di sana menceritakan bahwa Warung Ayu Lovina ini sudah berdiri sejak tahun 2011. Saat itu lokasinya berada di tepi pantai Lovina.

Namun kini, Warung Ayu Lovina pindah ke Jalan Mawar yang bisa disambangi sekitar tiga menit dari pantai Lovina. Rupanya, Warung Ayu Lovina merupakan salah satu restoran tujuan para wisatawan asing.

Soal menu yang ditawarkan, restoran ini memang menawarkan banyak menu makanan. Tidak hanya berupa makanan lokal tetapi juga makanan bergaya Barat.

2. Pepes Ikan Tuna jadi Andalan

Cicip Sate Lilit dan Pepes Tuna yang Lembut Berempah di Warung Ayu LovinaCicip Sate Lilit dan Pepes Tuna yang Lembut Berempah di Warung Ayu Lovina Foto: detikcom/Riska Fitria

Kami tertarik dengan menu ikan pepes tuna yang menjadi andalan di restoran ini. Satu porsi pepes ikan tuna dengan nasi dibanderol dengan harga Rp 20.000.

Ikan tunanya dihancurkan kemudian diracik dengan bumbu khas, lalu dibungkus menggunakan daun pisang dan dibakar. Ketika daun pisang dibuka, aroma rempah langsung tercium.

Rempah dan bumbu halusnya sangat melimpah dengan aroma kunyit yang mendominasi. Bahkan daun salamnya masih berupa lembaran. Selain itu, juga terlihat kulit cabai dari gilingan bumbu.

Tekstur ikan tunanya tetapi tidak hancur. Dan uniknya pepes ikan tuna tersebut disajikan tanpa tulang. Rasanya gurih dan sedikit pedas.

Baca Juga: Nongkrong Asyik di Kafe Outdoor dengan Nuansa Bogor hingga Bali



Simak Video "4 Kuliner Khas Betawi yang Ada di PRJ 2022"
[Gambas:Video 20detik]