Kisah Sukses Vanessa Jadi Supplier Online untuk Bantu UMKM Lokal

Jihaan Khoirunnisa - detikFood Jumat, 03 Des 2021 18:37 WIB
Tempe Organik Foto: Instagram/mutupangan
Jakarta -

Kaum muda mulai tertarik membeli makanan organik. Alasannya karena pangan organik dianggap lebih sehat untuk dikonsumsi.

Selain sayur dan buah, kini produk organik sudah merambah ke pangan lainnya seperti tempe. Tempe organik adalah tempe yang terbuat dari kedelai lokal yang tumbuh secara alami. Artinya bahan tersebut bukan tanaman hasil rekayasa genetika atau non GMO.

Berbeda dari tempe biasanya, tempe organik ini punya rasa yang lebih gurih dan segar. Tampilannya pun lebih bersih serta tidak mudah pecah selama proses pengolahan. Untuk mendapatkan tempe organik non GMO tidak sulit. Karena sudah banyak yang menjualnya secara online, seperti mutu pangan dari 'Mutu Pangan'.

Usaha yang didirikan oleh Vanessa Andriana sejak 2020 ini menawarkan produk tempe organik bagi pelaku usaha di Tanah Air. Tempe tersebut diolah secara higienis. Selain itu proses pembuatannya juga sudah menggunakan cara modern, serta memiliki sertifikat SNI, Halal, dan BPOM. Jadi pengusaha tidak perlu khawatir.

Vanessa menyebut produk yang dijualnya juga merupakan hasil dari para UMKM lokal. Tujuannya yaitu untuk membantu UMKM di Indonesia yang tengah kesulitan selama pandemi COVID-19.

"Selama pandemi COVID-19, perekonomian di Indonesia turun drastis terutama dalam sektor penjualan makanan dan minuman. Oleh karena itu, hal yang saya lakukan saat ini adalah menjalankan usaha yaitu supplier makanan online," jelasnya.

"Saya membuat usaha ini untuk membantu para UKM pangan menyuplai produk yang mereka hasilkan ke beberapa modern market di Indonesia secara online dan offline. Saya juga membantu mereka untuk menghasilkan kualifikasi produk yang baik dalam bidang produksi dan pemasaran makanan," imbuhnya.

Dia mengaku dalam sebulan bisa menjual hingga lebih dari 1.000 buah tempe organik. Selain tempe, 'Mutu Pangan' juga menyediakan varian produk lain, seperti keju parmesan. Ada juga 2 produk baru, yaitu keju mozzarella dan rendang siap saji.

Agar usahanya semakin maju dan berkembang, Vanessa pun memutuskan untuk ikut program 'Kembangkan Bisnis Kulinermu'. Dia mengaku senang karena bisa mendapat banyak inspirasi seputar dunia bisnis.

"Saya harap saya dapat lebih kreatif dalam membangun bisnis usaha FnB saya ke depannya agar terus bertahan di masa pandemi ini," tandasnya.

Untuk diketahui, 'Kembangkan Bisnis Kulinermu' merupakan acara persembahan dari Kraft Heinz Food Service bersama detikcom untuk mendukung usaha kuliner Tanah Air agar bisa naik kelas.



Simak Video "Ciptakan Inovasi untuk Hadirkan Peluang Baru Usahamu"
[Gambas:Video 20detik]
(ncm/ega)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com