Beberuk, Sayur Khas Lombok dari Terong dan Kacang Panjang yang Segar

Yenny Mustika Sari - detikFood
Senin, 29 Nov 2021 08:00 WIB
Beberuk, Sayur Khas Lombok dari Terong dan Kacang Panjang yang Segar
Foto: detikcom/Yenny Mustika Sari
Jakarta -

Makanan khas Lombok tak hanya bercita rasa pedas, tapi juga ada yang asam segar. Seperti beberuk yang terbuat dari terong dan kacang panjang mentah.

Kuliner khas Lombok sangatlah beragam. Kebanyakan bercita rasa pedas, karena memang cabe Lombok terkenal pedas menyengat. Tapi, ada beberapa makanan khas Lombok yang rasanya asam segar. Salah satunya adalah Beberuk.

Kalau kamu pernah mencicipi nasi campur khas Lombok atau Ayam Rarang, pasti pernah mencicipi beberuk. Beberuk bisa dikatakan sebagai saladnya orang Lombok. Karena, makanan ini terbuat dari sayuran mentah dengan saus yang segar.

Sayuran mentah yang digunakan untuk membuat beberuk adalah terong bulat hijau dan kacang panjang yang dipotong kecil-kecil. Setelah itu, terong hijau dan kacang panjang mentah itu dicampurkan tomat iris atau sambal tomat yang segar dengan bumbu garam.

Baca Juga: Ayah dan Ibu Sambung Vanessa Ternyata Hobi Berbagi Makanan

Beberuk, Sayur Khas Lombok dari Terong dan Kacang Panjang yang SegarBeberuk, Sayur Khas Lombok dari Terong dan Kacang Panjang yang Segar Foto: detikcom/Yenny Mustika Sari

Semua bahan tersebut dicampurkan hingga merata. Rasanya segar dan agak asam karena terdapat campuran tomat yang diiris ataupun dijadikan sambal. Makin lama didiamkan rasanya makin pedas segar.

Tim detikFood bersama rekan redaksi lainnya mengeksplor Mandalika dan kota lainnya di Lombok dalam rangkaian Toyota Corolla Cross Hybrid Road Trip Explore Mandalika (20/11). Saat mencicipi nasi campur khas Lombok, ada lauk bernama beberuk. Kami pun mengenal kuliner baru di sana.

Beberuk biasanya menjadi lauk pelengkap untuk menikmati makanan khas Lombok. Biasanya dijadikan lauk untuk nasi campur. Seperti yang ditemui di Warung Nasi Campur Hj. Nurilah atau biasa disebut Warung Nasi Seganteng.

Beberuk di warung nasi tersebut selalu disajikan segar. Setiap kali habis, pasti pemilik warung akan membuat beberuk yang baru.

"Beberuk ini biasa dijadikan lauk. Nasi campur pas banget ditambah ini. Apalagi kalau makannya diaduk. Jadi rasa segarnya sangat terasa," ujar Nurilah, pemilik Warung Nasi Campur Hj. Nurilah kepada detikFood (20/11).

Beberuk, Sayur Khas Lombok dari Terong dan Kacang Panjang yang SegarBeberuk, Sayur Khas Lombok dari Terong dan Kacang Panjang yang Segar Foto: detikcom/Yenny Mustika Sari

Baca Juga: Sudah Berjualan 24 Tahun, Sate Pasar Seni Senggigi Tetap Diantre Pengunjung

Selain disajikan untuk nasi campur khas Lombok, beberuk juga bisa disantap bersama ayam rarang. Seperti yang ditawarkan oleh Warung Ayam Rarang Inaq Dellah yang legendaris sejak tahun 1976.

Beberuk di Ayam Rarang Inaq Dellah memiliki perbedaan. Karena, beberuk di sini ditambahkan potongan terong hijau. Tomat yang dicampurkan juga berbeda, karena dihaluskan seperti sambal.

"Makan ayam rarang di sini juga ada lauk pelengkapnya. Selain sayur bening, ada juga beberuk terong campur kacang panjang. Rasanya asam segar karena ada campuran tomat halusnya juga," kata Bunga, cucu dari pemilik Ayam Rarang Inaq Dellah kepada detikFood (23/11).

Baca Juga: 7 Makanan dan Minuman Ini Tertulis dalam Alquran dan Akan Ada di Surga



Simak Video "Bikin Laper: Gurih Manis Ayam Bakar yang Lagi Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)