Simak! Ini 4 Tips Jalankan Bisnis Kuliner ala Jordi Onsu & Chef Martin

Nada Zeitalini Arani - detikFood Sabtu, 27 Nov 2021 21:31 WIB
BRI Foto: Screenshoot/Instagram detikcom
Jakarta -

Meski dihadapi kondisi pandemi COVID-19, bisnis kuliner masih memiliki peluang cukup menjanjikan. Hal itu karena makanan adalah kebutuhan pokok untuk setiap orang.

Akan tetapi merintis bisnis kuliner nyatanya tidak semudah yang dibayangkan. Mengingat banyaknya risiko baik dari sisi internal maupun eksternal. Misalnya produk yang dijual kurang diminati hingga besarnya saingan atau kompetitor di bidang usaha kuliner. Hal ini pula yang banyak dialami oleh pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia.

Lalu bagaimanakah cara membangun bisnis kuliner yang bisa meraup banyak keuntungan? Pada kegiatan EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 'Ngobrol jadi Cuan' melalui tayangan live Instagram @detikcom dan @bankbri_id pada Sabtu (27/11/2021) BRI dan detikcom mengadakan kolaborasi informatif seputar bisnis kuliner.

Mengusung tema 'Cuan Maksimal dari Bisnis Kuliner', tayangan ini menghadirkan Entrepreneur, Jordi Onsu serta Culinary Expert sekaligus Chef, Martin Natadipraja. Keduanya membagikan cerita dan tips menarik seputar bisnis kuliner.

Mereka memberikan tips bisnis kuliner terkait perkembangan tren, teknik branding, prospek bisnis, dan inovasi. Berikut 4 tips menarik bisnis kuliner ala Jordi Onsu dan Chef Martin:

1. Perkembangan Tren Bisnis Kuliner

Dibuka dengan bahasan tren bisnis kuliner, Jordi Onsu sendiri mengatakan dirinya turut senang dengan berkembangnya bisnis kuliner saat ini. Akan tetapi ia menegaskan pelaku usaha perlu menegaskan tujuan bisnis yang dibangunnya. Misalnya kita memilih menjadi bisnis kuliner yang trendsetter atau follower.

"Di situ apa yang aku pegang sekarang dan sampai sekarang juga aku ga pernah mau menjadi pengikut karena kita akan bersaing juga dengan teman-teman kita, effortnya akan lebih bertarung nantinya, lebih baik aku menciptakan kreasi yang baru," ujar Jordi.

"Jadi top of mind adalah satu kunci kita bisa mempertahankan branding juga mencari cuan pastinya" tambahnya.

2. Teknik Branding dalam Bisnis Kuliner

Branding sendiri merupakan strategi yang dibutuhkan oleh semua bidang usaha atau bisnis. Disampaikan oleh chef Martin yang juga memiliki bisnis kuliner bernama Monarchy Bistro di daerah Bogor. Ia menjelaskan bahwa branding memang sangat penting. Terlebih di era digital yang membuat strategi branding semakin luas. Namun konsumen juga semakin pintar, sehingga perlu konten marketing yang berkualitas. Tak hanya konten marketing menurutnya branding juga perlu diciptakan dari story telling.

"Strategi bisnis yang juga diterapkan selain dari konten marketing, harus ditambah dengan story telling yang bagus sehingga lebih hidup dan membuat orang lebih tertarik," ujar Martin.

3. Menjaga Prospek Bisnis tetap Stabil

Bisnis yang baik tentunya tidak hanya menarik secara musiman, akan tetapi prospeknya harus bisa tetap stabil. Dalam kesempatan ngobrol jadi cuan ini, Jordi dan Chef Martin membagikan tips menarik menjaga prospek bisnis tetap stabil. Keduanya sama-sama sepakat bahwa untuk kunci utama dari menjaga bisnis tetap stabil adalah central kitchen.

"Untuk menjaga kualitasnya kita harus menggunakan central kitchen, kita harus bisa support bahan baku untuk menjaga kualitasnya supaya sama," tutur Jordi.

"Aku mau nambahin kalau dari produknya sendiri kita punya ide atau kreasi menu baru, harus banyak pemikiran apakah produk ini cocok dengan bisnis kita," tambah Chef Martin.

4. Inovasi dalam Bisnis Kuliner

Tips terakhir yang bisa diambil adalah terkait inovasi dalam bisnis kuliner. Menurut chef Martin sendiri terkait inovasi yang ingin mengikuti trend tidak ada salahnya. Namun ia mengatakan, inovasi tersebut harus tetap sejalan dengan identitas bisnis yang sudah dibangun.

Begitu pula dengan owner geprek bensu yang menjawab terkait inovasi dan strategi akan memiliki perspektif berbeda di setiap bisnis. Bisnis kuliner yang dijalaninya yaitu geprek bensu sendiri memiliki inovasi yang dilakukan berdasarkan analisa bisnis tersebut. Yaitu seperti promo untuk mencapai target, serta inovasi menu setiap 3 bulan sekali.

Itulah beberapa tips yang dibagikan oleh dua orang yang kini menjadi pelaku bisnis kuliner cukup terkenal di Indonesia. Selain tips tersebut, Jordi Onsu juga menceritakan pengalaman bisnisnya berhasil Go Export hingga ke luar negeri. Ia juga memberikan semangat agar pelaku bisnis lain juga tidak takut untuk melakukan bisnis yang export.

Obrolan santai jadi cuan bersama Jordi Onsu dan Chef Martin Praja tersebut tentunya memberikan banyak inspirasi dan edukasi untuk pelaku usaha kuliner ataupun yang ingin terjun dalam bisnis kuliner. Mereka juga menyampaikan pesan membangun kepada para penonton live Instagram tersebut untuk berpartisipasi memajukan perekonomian Indonesia dengan menjadi pelaku bisnis atau UMKM.



Simak Video "Agen Brilink ini Mirip Banget dengan Kantor Bank Beneran!"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com