Durian Tinggi Kolesterol, Masa Sih? Ini Dia Faktanya!

Jihaan Khoirunnissa - detikFood Selasa, 23 Nov 2021 21:46 WIB
Tanihub Foto: Shutterstock
Jakarta -

Siapa yang tak tahu dengan durian? Buah ini dikenal karena rasanya yang manis dan aroma yang kuat.

Meski baunya khas, namun tak sedikit masyarakat Indonesia dan bahkan orang Asia Tenggara yang gemar makan durian. Namun, di balik aroma dan kelezatan tersebut, durian ternyata memiliki sederet fakta dan mitos yang beredar di masyarakat. Apa saja, ya? Yuk simak!

Fakta Buah Durian bagi Kesehatan

Durian sering dituding sebagai biang kerok dari sejumlah masalah yang menyerang kesehatan. Namun, siapa sangka jika buah ini justru menyimpan banyak manfaat bagi tubuh.

1. Mampu Menyehatkan Pencernaan

Gula alami di dalam buah durian akan terfermentasi secara otomatis saat terpapar bakteri usus selama proses pencernaan berlangsung. Bertindak sebagai agen prebiotik, durian akan memberi makan bakteri asam laktat. Ini akan membantu mendukung fungsi pencernaan dan kesehatan usus besar.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Dibandingkan buah lain, ternyata kadar kalium dalam durian terbilang sangat tinggi. Kalium ini akan berperan dalam menurunkan tekanan darah yang sering menjadi penyebab timbulnya penyakit kardiovaskular. Kandungan lain dari durian, seperti lemak tak jenuh, serat dan dua nutrisi lainnya juga penting untuk menjaga kesehatan jantung.

3. Mencegah Nyeri Sendi

Tahukah Anda ternyata di dalam secangkir durian segar terdapat 48 gr vitamin C. Kandungan vitamin C ini bisa mencegah penyakit nyeri pada sendi. Hal ini karena kekurangan vitamin C dapat menimbulkan rasa nyeri dan pembengkakan pada sendi

4. Mencegah Kekurangan Gizi

Biasanya, lansia rentan mengalami kekurangan gizi dan penurunan berat badan yang disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya terkait nafsu makan yang berkurang. Nah, kandungan zat gizi seperti thiamin pada durian disebut mampu membantu asupan nutrisi untuk para lansia.

5. Baik untuk Ibu Hamil

Mitos yang beredar di masyarakat, durian dapat menyebabkan keguguran. Sehingga buah ini pantang untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Padahal, hal tersebut keliru, lho. Sebuah studi membuktikan kandungan vitamin B esensial dan folat pada durian diperlukan untuk perkembangan tabung saraf janin di awal kehamilan.

Mitos Buah Durian

Setelah membahas 5 deretan fakta, buah durian tak lepas dari beberapa mitos yang kerap dipercaya oleh masyarakat seputar buah durian.

1. Tinggi kolesterol

Mitos terpopuler adalah durian yang katanya tinggi kolesterol. Namun faktanya durian justru memiliki kandungan nol kolesterol dan menyehatkan jantung. Tidak hanya itu, durian bahkan mengandung lemak tak jenuh tunggal yang mampu menurunkan kolesterol jahat low-density dan kadar trigliserida yang sehat untuk jantung.

2. Kombinasi Durian dan Alkohol Berujung Fatal

Kamu pernah mendengar mitos kalau durian tidak boleh dicampur dengan alkohol? Jika ya, maka sebaiknya jangan dipercaya karena tidak ada bukti ilmiah yang membuktikan bahwa kombinasi keduanya dapat mengancam nyawa. Memang, kandungan karbohidrat pada durian dapat menyebabkan gangguan pada pencernaan. Dan apabila dikonsumsi bersamaan dengan minuman berakohol akan berdampak menambah ketidaknyamanan.

3. Meningkatkan Libido

Durian dipercaya mampu meningkatkan gairah seksual. Sayangnya secara ilmiah anggapan tersebut tidak bisa dibuktikan. Sehingga, kepercayaan bahwa durian dapat meningkatkan libido hanya mitos belaka.

TanihubFoto: Tanihub

Nah itulah tadi fakta dan mitos seputar durian. Sebaiknya kamu jangan langsung telan mentah-mentah informasi yang didapat. Melainkan cari dulu kebenarannya sebelum mempercayai mitos yang beredar di masyarakat.

Jika ingin membeli buah durian yang pastinya segar, Anda bisa memesannya melalui TaniHub, e-commerce yang menjual buah lokal dari para petani di Indonesia. TaniHub dapat menjangkau berbagai wilayah di nusantara dengan menawarkan berbagai produk lengkap yang Anda butuhkan, termasuk durian.

TaniHub menawarkan durian beku siap konsumsi dengan tingkat kematangan 100% dan rasa manis. Nah, tunggu apalagi? Langsung cek dan beli sekarang melalui TaniHub!



Simak Video "Keistimewaan Durian Gencono di Lereng Gunung Semeru"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com