Lewat Nagreg? Jangan Lupa Jajan Kue Balok Cihapit yang Manis Lumer

Wisma Putra - detikFood Senin, 22 Nov 2021 16:00 WIB
Lewat Nagreg? Jangan Lupa Jajan Kue Balok Cihapit yang Manis Lumer Foto: detikcom/Wisma Putra
Bandung -

Kue balok Cihapit bisa jadi pilihan camilan saat kamu melintas di jalur Nagreg. Teksturnya empuk dengan cita rasa manis lumer yang puaskan selera!

Melintas di jalur Selatan Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, tepatnya sebelum Polsek Nagreg ada penjual kue balok jadul yang sudah dikenal sejak lama. Namanya Kue Balok Cihapit.

Makanan satu ini kerap menjadi incaran para pengendara yang hendak melintas di jalan ini. Karena selain rasa yang enak, Kue Balok Cihapit juga mengenyangkan.

Lewat Nagreg? Jangan Lupa Jajan Kue Balok Cihapit yang Manis LumerLewat Nagreg? Jangan Lupa Jajan Kue Balok Cihapit yang Manis Lumer Foto: detikcom/Wisma Putra

Hanya dengan Rp 10 ribu, pembeli bisa mendapatkan 4 biji kue balok dengan dua rasa. Satu rasa original dengan taburan wijen dan satu lagi rasa cokelat manis. Selain itu, ukuran kue balok ini cukup besar.

Untuk menjaga cita rasanya, proses pembuatan kue balok ini masih menggunakan alat tradisional dan dibakar menggunakan arang. Tak hanya itu, kue balok ini selalu disajikan dadakan hangat-hangat agar pembeli puas.

Salah satu pembeli Tia (28) mengatakan, dirinya kerap membeli Kue Balok Cihapit jika melintas ke jalur Nagreg. "Suka beli, kalau lagi mau main ke Garut kan suka lewat sini dari Bandung," ujar Tia.

Lewat Nagreg? Jangan Lupa Jajan Kue Balok Cihapit yang Manis LumerLewat Nagreg? Jangan Lupa Jajan Kue Balok Cihapit yang Manis Lumer Foto: detikcom/Wisma Putra

Tia berujar, ia tahu kue balok ini sejak masih mahasiswa atau sekitar 5-6 tahun lalu. "Dulukan pernah KKN di Garut, pernah kehujanan di daerah sini, karena waktu itu ga ada tempat berteduh akhirnya berteduh di tempat penjual kue balok ini," tuturnya.

Tia acungkan jempol ke atas buat kue balok ini. "Kalau kata orang Sunda mah dedeuin (nagih rasanya)," ucap Tia saat ditanya soal rasa dari kue balok ini.

Tia menambahkan, ia suka kue balok setengah matang. Dengan begini, pas dipotong adonan kue balok akan terasa lumer di mulut.

"Kalau saya suka minta yang matang dua biji dan yang setengah mateng dua biji, enak aja yang setengah mateng, beda gitu lah rasanya," tambah Tia.

Tak hanya kue balok, ada juga kopi hitam tubruk yang bisa dipesan sebagai teman menyantap kue balok. Mau yang lebih mengenyangkan? Ada mie kocok, es jeruk dan es alpukat yang dijual di tempat ini.



Simak Video "Kopi Wanoja dari Kamojang Bandung yang Kini Mendunia"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com