Berita Terpopuler

10 Pola Makan Panjang Umur Orang Jepang hingga Mantan Manager Jualan Ayam Bakar

Tim detikfood - detikFood Senin, 22 Nov 2021 09:30 WIB
10 Rahasia Pola Makan Orang Jepang yang Bikin Panjang Umur Foto: Getty Images/iStockphoto/Rawpixel
Jakarta -

Orang-orang Jepang punya pola makan sehat yang membuat mereka panjang umur. Ada juga lima kesalahan saat minum kopi hingga kisah mantan store manager jualan ayam bakar madu demi anak.

Pola makan sehat adalah kunci dari umur panjang. Salah satu negara yang penduduknya banyak berumur panjang adalah Jepang. Tahun 2019, angka harapan hidup warga di sana mencapai 90 tahun.

Tentu ada alasan mengapa orang Jepang bisa hidup lama? Mereka menjalani pola makan sehat sehari-hari. Mulai dari sarapan dengan menu lengkap, rutin minum teh hijau dan matcha, hingga menerapkan prinsip 80% kenyang.

Minum kopi jadi kebiasaan banyak orang untuk mengawali hari. Dorongan energi yang dihasilkan dari konsumsi secangkir kopi membuat minuman berkafein ini jadi favorit. Namun sayangnya banyak orang masih melakukan kesalahan dalam minum kopi.

Kesalahan ini bisa memicu penyakit hingga membuat mereka lebih cepat tua. Bagi pencinta kopi perlu mengenali kesalahan-kesalahan saat minum kopi ini. Apa saja ya?

Dampak Covid-19 memang begitu berat bagi banyak orang. Mereka harus bertahan hidup dalam ketidakpastian situasi hingga dirumahkan dari pekerjaan tetapnya. Hal inilah yang dialami Aji Alvian.

Ia kehilangan sang istri karena Covid-19 dan harus berjuang sendiri merawat 4 anaknya. Aji begitu gigih dalam menjalani usaha ayam bakar rumahan yang dibanderol murah meriah ini.

Berikut detikfood merangkum tiga berita populer yang paling menarik perhatian pembaca kemarin (21/11/21):

1. 10 rahasia pola makan orang Jepang untuk panjang umur

10 Rahasia Pola Makan Orang Jepang yang Bikin Panjang Umur10 Rahasia Pola Makan Orang Jepang yang Bikin Panjang Umur Foto: Getty Images/iStockphoto/Rawpixel

Pola makan orang Jepang menarik ditiru karena menjanjikan efek positif untuk kesehatan. Salah satunya kebiasaan makan pelan-pelan. Dari sisi kesehatan, mengunyah makanan dengan sempurna sangat penting untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Orang Jepang juga membatasi porsi makan. Mereka meyakini bahwa makan berlebihan tidak bagus. Mereka tidak rakus dan menganggap makanan dimakan untuk mengisi perut, bukan memuaskan selera. Ini dia rahasia pola makan orang Jepang lainnya untuk panjang umur.

Baca Juga: 10 Rahasia Pola Makan Orang Jepang yang Bikin Panjang Umur

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Nasi Berkat, Berkah Mengenyangkan di Tengah Pandemi COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com