Gurihnya Nagih! Soto Babat Kanigoro Mlekoh Kuahnya Menggoyang Lidah

Erliana Riady - detikFood Senin, 22 Nov 2021 12:00 WIB
Gurihnya Nagih! Soto Babat Kanigoro Mlekoh Kuahnya Menggoyang Lidah Foto: Erliana Riady
Blitar -

Jika ke Blitar, jangan lupa jajan soto babat Kanigoro. Soto babat yang sudah kondang namanya ini, kuahnya gurih mlekoh menggoyang lidah. Nagih banget!

Berada di jalur selatan akses Kabupaten Blitar, kamu akan menemui beberapa warung soto bernama Soto Kanigoro 1,2,3,4 dan 5. Di sinilah menu soto babat disajikan sebagai menu andalan. Nyaris tak pernah sepi pengunjung.

Berawal pada tahun 1980, orang tua Boy Eko Nugroho berjualan soto babat di barat Polsek Kanigoro, Kabupaten Blitar. Usaha kuliner ini kemudian diteruskan anak-anak mereka dengan membuka beberapa warung soto di Kecamatan Selopuro dan Kanigoro. Diberi nama sama dengan tambahan nomor.

Gurihnya Nagih! Soto Babat Kanigoro Mlekoh Kuahnya Menggoyang LidahGurihnya Nagih! Soto Babat Kanigoro Mlekoh Kuahnya Menggoyang Lidah Foto: Erliana Riady

Salah satunya adalah Soto Kanigoro 3 di Jalan Kusuma Bangsa yang dikelola Boy ini. Setiap hari warng soto buka pukul 07.00-21.00 WIB. Warung ini tak pernah sepi pembeli. Dalam sehari bahkan mampu menghabiskan 40 kg babat sapi.

"Kami konsisten menjaga kualitas kuah. Bagaimana proses pemilihan bahan dan proses memasak agar gurih kuah terjaga rasanya, itu faktor penting di usaha yang dirintis orang tua saya," tutur pria berusia 49 tahun ini, Minggu (21/11/2021).

Gurihnya Nagih! Soto Babat Kanigoro Mlekoh Kuahnya Menggoyang LidahGurihnya Nagih! Soto Babat Kanigoro Mlekoh Kuahnya Menggoyang Lidah Foto: Erliana Riady

Di warung yang dikelola Boy, pembeli bisa menyesuaikan porsi makanan sesuai selera. Soto babat porsi mangkok jumbo, dijual seharga Rp 20.000. Sedangkan yang porsi sedang, semangkuk dijual seharga Rp 10.000.

Soto babat disajikan dalam mangkuk dengan kuah menggenang berwarna kuning agak keruh. Tampak potongan babat dan usus yang menyembul, dilengkapi tauge pendek plus taburan bawang goreng dan seledri.

Aroma gurih rempah dan kaldu mengepul sedap. Babatnya tidak dibersihkan hingga berwarna hitam. Dalam sekali hirup terasa gurih pekat kaldu dan bumbu kunyitnya. Babatnya empuk lembut, demikian juga ususnya. Kucuran air jeruk nipis plus sambal rawit bikin soto babat ini makin sempurna sedapnya. Tak heran jika orang ketagihan!

Gurihnya Nagih! Soto Babat Kanigoro Mlekoh Kuahnya Menggoyang LidahGurihnya Nagih! Soto Babat Kanigoro Mlekoh Kuahnya Menggoyang Lidah Foto: Erliana Riady

Pelanggan Soto Kanigoro 3 bervariasi, mulai pelajar, ibu rumah tangga, karyawan sampai pejabat. Menurut beberapa pelanggan yang ditemui Detikcom, rasa soto babat Kanigoro 3 paling enak diantara soto serupa yang dijual pedagang lain.

"Disini itu paling enak. Ya gurih kuahnya ya kenyal crunchy babatnya. Selalu ingin kembali mengulang makan disini. Bikin nagih," pungkas Virgita, pelanggan dari Kecamatan Binangun.



Simak Video "Empuk Gurih Bakso Bakar yang Menggoda Selera"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com