Hangat Mengepul! Bakso Cobek Bakar yang Cocok Disantap Saat Hujan

Suparno Nodhor - detikFood Senin, 22 Nov 2021 11:30 WIB
Hangat Mengepul! Bakso Cobek Bakar yang Cocok Disantap Saat Hujan Foto: Suparno Nodhor
Sidoarjo -

Bakso sapi umumnya disajikan dalam mangkok. Diguyur kuah kaldu panas dengan taburan bawang goreng. Di warung ini disajikan di atas cobek tanah liat panas. Gimana rasanya?

Kebanyakan penjual bakso mengandalkan mangkok keramik atau piring sebagai wadah sajian baksonya. Namun bakso bakar di Sidoarjo ini disajikan dengan cobek yang terbuat dari tanah liat layaknya seperti hotplate.

Bakso cobek bakar ini dijual di kedai bakso Lawang, lokasinya sangat trategis dan mudah ditemukan karena berada di Jalan Kombes M Durriyat Kota Sidoarjo.

Hangat Mengepul! Bakso Cobek Bakar yang Cocok Disantap Saat HujanHangat Mengepul! Bakso Cobek Bakar yang Cocok Disantap Saat Hujan Foto: Suparno Nodhor

Banyak kalangan kaum millenial yang mendatangi kedelai ini, untuk nongkrong di saat musim hujan, sambil menikmati bakso cobek bakar. Harga setiap porsi bakso sangat terjangkau tidak merogoh saku dalam-dalam. Cukup Rp 13.000 per porsi.

"Untuk para pecinta kuliner pedas ini sangat cocok. dinikmati sore hari, apalagi di musim hujan," kata Yuni (30) pecinta kuliner bakso warga Sidoarjo, Sabtu (20/11/2021).

Yuni mengaku, dirinya sangat menyukai kuliner bakso, apalagi ada bakso dengan sajian yang berbeda. Biasanya bakso dengan sajian pentol, dan aneka gorengan disertai kuah.

"Saya rasakan dengan paduan bumbu bakar, dengan cobek tradisional, rasanya uenak sekali. Dengan medok daging sapinya terasa memanjakan lidah. Apalagi harga tidak mahal satu porsi hanya Rp 13 ribu," jelas Yuni.

"Yang saya rasakan dengan racikan sambal khas, bawang merah dan tomat segarnya terasa. Serta sambal gami dan bakso disajikan benar-benar fresh from the stove," tambah Yuni.

Hal yang sama disampaikan oleh Vivien (29) peminat kuliner bakso warga Gedangan Sidoarjo mengaku sering datang menikmati bakso cobek bakar di kedai ini. Karena sangat cocok, harganya juga sangat terjangkau.

"Bakso cobek bakar ini sangat pas di lidahku, karena saya penikmat masakan pedas. Selain itu harganya tidak sampai merogoh saku yang paling dalam, murah mas saya tadi bayar hanya Rp 13 ribu per porsi," kata Vivien.

Hangat Mengepul! Bakso Cobek Bakar yang Cocok Disantap Saat HujanHangat Mengepul! Bakso Cobek Bakar yang Cocok Disantap Saat Hujan Foto: Suparno Nodhor

Sementara itu pemilik kedai Moch Machbub Sanjaya (40) mengaku bahwa membuka kedai bakso mulai sejak awal 2019. Sebenarnya banyak varian bakso yang dijual di kedai ini. Seperti bakso dobel jumbo, pentol halus Ektra, jamur komplit, pedas komplit, keju komplit, pentol super urat, sumsum komplit, dan varian yang lain.

"Semua varian bakso yang kami jual itu paling mahal harga setiap porsinya Rp 15 ribu. Sementara itu bakso cobek bakar malah cuma Rp 13 ribu," kata Machbub.

Di kedai bakso Lawang ini yang paling ramai hari Sabtu dan Minggu, dirinya juga melayani pembelian secara online lewat marketplace. Semua varian bakso ini dibuat sendiri, selain itu bahwa membuat sajian bakso ini tidak menggunakan penyedap rasa.

"Rasa kaldunya murni kaldu daging sapi, kami menyajikan varian bakso ini tidak menggunakan penyedap rasa, murni alami kaldu daging sapi," tandas Machhub.



Simak Video "Empuk Gurih Bakso Bakar yang Menggoda Selera"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com