Yummy! Pasta Milenial

Unik! Pasta Rasa Minang, Angel Hair Dendeng Balado dan Spaghetti Sate Padang

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 06 Nov 2021 15:00 WIB
FOKUS BERITA Yummy! Pasta Milenial

4. Inovasi saus pasta klasik Italia

Unik! Angel Hair Dendeng Balado dan Spaghetti Sate Padang dari Pasta PadangUnik! Pasta Rasa Minang, Angel Hair Dendeng Balado dan Spaghetti Sate Padang Foto: detikfood

Emil mengkreasikan tiga saus pasta klasik Italia yaitu arrabbiata, pesto, dan alfredo, dengan sentuhan bumbu Indonesia. Untuk arrabbiata berawal dari kemauan Emil menciptakan saus berwarna merah. "Dasarnya dari tomat. Kalau saus yang tomat biasa kayak marinara gitu, sedikit lebih standard. Jadi saya pikir orang Indonesia lumayan suka sesuatu yang agak pedas, ada manis-manisnya sedikit. Jadi saya pikir, arrabiata boleh nih," katanya. Akhirnya terciptalah Padang Sauce Arrabiata.

Untuk saus pesto yang identik berwarna hijau karena penggunaan basil, Emil mengkreasikannya dengan gulai daun singkong dan kacang almond. "Jadi saya coba racik, pakai gulai juga, campur. Kalau pine nuts di Indonesia agak susah dapatnya dan harganya tinggi, jadi cari alternatif kacang yang rasanya masih rich dan bisa compliment dengan daun singkongnya. Jadilah itu gulai daun singkong almond pesto," katanya.

Terakhir, ada Truffle Opor Alfredo, berupa saus alfredo yang creamy gurih dengan sentuhan rasa opor dan truffle. Pria ramah ini menuturkan, "Saya sendiri soalnya suka banget sama truffle, jadi dari awal mulanya gara-gara truffle-nya nih. Truffle cocoknya sama apa ya kalau di Padang-in. Saya sempat mikir harus yang sedikit lebih creamy-creamy, yang bisa dicampur sama jamur. Pertama sempat mikir ayam pop, modelnya kan kayak kelapa, gurih. Saya pikir lagi, kayaknya kurang creamy. Kayaknya boleh opor nih. Jadi saya mulai ekspor, kombinasiin, jadi pakai truffle, pakai apa."

Sebagian bahan untuk Truffle Opor Alfredo masih diimpor dari Italia untuk menjamin keotentikan rasanya. "Yang impor itu truffle oil, keju, truffle salsa. Jadi benar-benar ada potongan jamur di dalamnya," kata Emil.

Tiga varian saus Pasta Padang ini dijual Rp 80 ribu per stoples. Pembeli bisa mengolahnya langsung dengan pasta, kira-kira cukup untuk 4 porsi pasta.

5. Outlet di Jakarta Barat dan keinginan wine pairing

Unik! Angel Hair Dendeng Balado dan Spaghetti Sate Padang dari Pasta PadangUnik! Pasta Rasa Minang, Angel Hair Dendeng Balado dan Spaghetti Sate Padang Foto: detikfood

Sekitar akhir November 2021, Pasta Padang bakal membuka gerai di kawasan Permata Hijau, Jakarta Barat. Ke depannya Emil pun sudah memikirkan hal-hal kreatif yang bakal dilakukannya. Salah satunya soal pairing pasta dengan wine lokal.

"Kita enjoy makan pakai wine, jadi pengin nantinya di restorannya ada kayak experience kita bisa makan Pasta Padang pakai wine. Jadi wine pairing. Kita mikir apakah pakai produsen wine lokal, seperti wine dari Bali. Mungkin mengadakan wine and dine night, di mana. Jadi bisa experience sesuatu yang berbeda. Biasanya kan pasta, pasta standard sama wine. Tapi ini kan pasta Indonesia, jadi saya pikir bolehlah ini dicoba. Sesuatu yang baru," tutupnya.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(adr/odi)
FOKUS BERITA Yummy! Pasta Milenial
FOKUS BERITA Yummy! Pasta Milenial

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com