Sluurp! Gurihnya Soto Sokaraja Racikan H.Suradi yang Bertahan 50 Tahun Lezatnya

Riska Fitria - detikFood Rabu, 27 Okt 2021 12:00 WIB
Sluurp! Gurihnya Soto Sokaraja Racikan H.Suradi yang Bertahan 50 Tahun Lezatnya Foto: detikcom/Riska Fitria
Banyumas -

Soto Sokaraja di rumah makan ini sudah teruji kelezatannya 50 tahun. Kaldunya yang segar gurih dan sambal kacang racikan H. Suradi nyaris tak berubah rasanya.

Melintasi Purwokerto, jangan sampai melewatkan warung soto Raja Soto Lama H. Suradi yang berlokasi di Jalan Mayjend Sutoyo No 55, Sawangan, Kedungwuluh. Racikan soto khas Sokaraja di sini sudah melegenda lezatnya setengah abad lebih.

Racikan sotonya dikenal dengan sebutan soto Sokaraja. Ciri khas dari soto Sokaraja ini memakai potongan ketupat dengan sian suwiran ayam atau potongan daging sapi lalu diguyur kaldu kekuningan yang seerbak gurihnya. Kerupuk kanji merah jadi ciri khas taburannya.

Detikcom dalam rangkaian Ekspedisi 3.000 kilometer bersama Wuling (06/10) menyambangi warungnya. Warungnya paling mencolok di antara warung lainnya karena didominasi warung ungu.

1. Dioperasikan oleh Generasi ke-3

Sluurp! Gurihnya Soto Sokaraja Racikan H.Suradi yang Bertahan 50 Tahun LezatnyaSluurp! Gurihnya Soto Sokaraja Racikan H.Suradi yang Bertahan 50 Tahun Lezatnya Foto: detikcom/Riska Fitria

Warung Raja Soto Lama H Suradi ini sudah puluhan tahun kondang, karenanya punya pelanggan tetap. Salah satu pelayan di sana menceritakan kepada detikcom bahwa warung soto ini sudah berdiri sejak 1970.

"Udah dari tahun 70 ini. Sekarang dipegang sama Mbak Ika generasi ke-3," ujar pelayan di sela-sela melayani pesanan kami.

Dan resep yang digunakan pun turun temurun sejak pertama diracik H.Suradi. Karenanya kelezatan soto Sokaraja di warung ini selalu konsisten hingga sekarang.

Baca Juga: 5 Resep Soto Populer Jawa, dari Soto Kudus hingga Lamongan

2. Pelopor Soto di Jalan Mayjend Sutoyo

Sluurp! Gurihnya Soto Sokaraja Racikan H.Suradi yang Bertahan 50 Tahun LezatnyaSluurp! Gurihnya Soto Sokaraja Racikan H.Suradi yang Bertahan 50 Tahun Lezatnya Foto: detikcom/Riska Fitria

Di sepanjang Jalan Mayjend Sutoyo, Sawangan memang banyak terdapat warung soto Sokaraja dan toko-toko oleh-oleh. Warung-warung soto tersebut bahkan saling berdekatan lokasinya.

Namun, disebutkan bahwa warung Raja Soto Lama H. Suradi ini merupakan pelopor warung soto di Jalan Mayjend Sutoyo sebelum jalan tersebut dipenuhi oleh warung soto seperti sekarang.

"Dulu sebelum jalan ini banyak warung soto, warung Raja Soto Lama H. Suradi yang pertama. Abis itu baru bermunculan warung-warung soto lainnya," ujarnya.

Sekarang warung Raja Soto Lama H.Suradi ini memiliki tiga cabang yang juga berlokasi di kawasan Sokaraja.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com