Mangkal di Pinggir Jalan, Tahu Gejrot di Bandung Ini Laris Manis

Wisma Putra - detikFood Selasa, 26 Okt 2021 11:30 WIB
Mangkal di Pinggir Jalan, Tahu Gejrot di Bandung Ini Laris Manis Foto: Wisma Putra
Bandung -

Meski asli Cirebon, tahu gejrot mudah ditemui di berbagai daerah Indonesia. Di Bandung, ada penjual tahu gejrot populer yang layak disambangi. Lokasinya di Superindo, Ujungberung.

Penjual tahu gejrot yang mangkal di tempat pejalan kaki ini menggunakan tanggungan atau tempat jualan khas Cirebon yang terbuat dari bambu. Jika cuaca sedang bagus, dari sore hingga malam hari, penjual tahu gejrot ini tak pernah sepi pembeli.

Terlebih, lokasi berjualannya terbilang strategis. Tak jarang pengunjung swalayan atau pengendara yang melintas di jalan tersebut tergoda mampir beli tahu gejrot.

detikFood berkesempatan mengunjungi penjual tahu gejrot ini dan melihat langsung proses pembuatannya. Semua menu diracik fresh setelah dipesan pembeli.

Mangkal di Pinggir Jalan, Tahu Gejrot di Bandung Ini Laris ManisMangkal di Pinggir Jalan, Tahu Gejrot di Bandung Ini Laris Manis Foto: Wisma Putra

Satu siung bawang merah dipotong menjadi dua, kencur secukupnya, dua cabai hijau, dan dua cabai merah rawit ditumbuk di atas piring gerabah atau piring tanah liat. Bahan-bahan ini kemudian diulek kasar.

Secuil gula merah dan sejumput garam juga ikut dimasukkan. Setelah itu, tahu goreng dipotong-potong jadi dua dan air gula merah disiramkan ke atasnya.

Pengunjung bisa langsung mencicipi tahu gejrot ini dengan duduk di bangku kayu yang disediakan. Selain itu, bisa juga dibawa pulang.

Ari (24) penjual tahu gejrot asal Jatiwangi Majalengka ini mengatakan dirinya berjualan selama dua tahun di tempat tersebut. Menurutnya, makanan khas Cirebon ini punya banyak peminat. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya langganan yang kerap membeli tahu gejrot kepadanya.

Mangkal di Pinggir Jalan, Tahu Gejrot di Bandung Ini Laris ManisMangkal di Pinggir Jalan, Tahu Gejrot di Bandung Ini Laris Manis Foto: Wisma Putra

Ari mengatakan, tahu yang dijual buat bahan baku tahu gejrot di tempatnya langsung dikirim dari Cirebon.

"Tahunya langsung dari Cirebon, kalau tahu dari Bandung beda rasanya. Ini dikirim langsung sama bos (majikan)," kata Ari kepada detikFood, Minggu (24/10).

Ari menyebut, dalam sehari ia bisa membawa 500 butir tahu Cirebon untuk dijual. Setiap porsi berisi 8 potong tahu goreng.

"Biasanya bawa 500 biji, seporsinya 8 biji tahu," ujar Ari.

Ari juga membenarkan, jika ia sudah memiliki banyak langganan yang tak pernah kapok membeli tahu gejrot miliknya. "Ada yang langganan, ada juga yang langsung melintas di jalan ini," tambahnya.

Selain di wilayah Ujungberung, tahu gejrot yang dijualnya bisa ditemui di kawasan Antapani, Cikutra dan dua titik di Lembang, Bandung Barat yang masih satu grup dengannya.

"Cabangnya di Ujungberung, Antapani, Cikutra dan dua di lembang," tambahnya.

Mangkal di Pinggir Jalan, Tahu Gejrot di Bandung Ini Laris ManisMangkal di Pinggir Jalan, Tahu Gejrot di Bandung Ini Laris Manis Foto: Wisma Putra

Salah satu pembeli, Tia (27) mengatakan, ia sering membeli tahu gejrot di tempat milik Ari. "Udah langganan, kalau lewat ke sini suka beli," kata Tia.

Tia mengakui kelezatan tahu gejrot yang dijual oleh Ari. "Tahunya memang beda, enggak terlalu basah, enggak terlalu kering juga, jadi enak pas digigit. Bumbunya juga enak, pokonya recommended deh," pungkasnya.



Simak Video "Bikin Laper: Tahu Gejrot Bang Jack Ceger Level 200 Cabe"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com